Abstract:
HIJUP merupakan e-commerce busana muslim pertama di dunia yang didirikian pada tahun 2011. HIJUP memiliki konsep online mall yang menyediakan berbagai macam produk terbaik karya fashion designer muslimah di Indonesia. HIJUP termasuk ke dalam kategori e-commerce business-to-consumer (B2C) atau dapat disebut juga e-retailing. HIJUP sendiri memiliki website dan mobile apps untuk bisnisnya. Bisnis e-commerce busana muslim sendiri terus berkembang hingga sekarang sehingga persaingan menjadi begitu ketat. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, HIJUP harus mengetahui bagaimana kepuasan konsumen atas e-retailing attributes pada salah satu sarana bisnisnya yaitu website dan niat beli ulang konsumennya, serta seberapa besar pengaruh dari kepuasan konsumen atas e-retailing attributes pada website terhadap niat beli ulang konsumennya. Untuk mempermudah penelitian, penulis memilih konsumen e-commerce busana muslim HIJUP di Bandung sebagai objeknya. E-retailing attributes adalah karakteristik yang melekat pada suatu ritel yang bertransaksi melalui media online yang dapat dikontrol perusahaan untuk memuaskan konsumen, dimensi pada e-retailing attributes adalah shopping convenience, product selection, informativeness, price, dan customization (Chung dan Shin, 2008: 25). Kepuasan konsumen adalah penilaian konsumen atas produk ataupun jasa dalam hal menilai apakah produk atau jasa tersebut telah memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen (Zeithaml, Bitner dan Dwayne, 2009: 104). Kepuasan tersebut dapat mempengaruhi niat beli ulang. Indikator-indikator niat beli ulang (Ferdinand, 2002:129) terdiri dari niat transaksional, niat referensial, niat preferensial, dan niat eksploratif. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory study. Sampel penelitian ini adalah wanita yang berdomisili di Bandung dan pernah berbelanja melalui website HIJUP dalam enam bulan terakhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Ukuran sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil kepuasan konsumen atas e-retailing attributes pada website HIJUP berada pada kategori tinggi (3,78). Kepuasan atas shopping convenience tinggi (3,66). Kepuasan atas product selection tinggi (3,77). Kepuasan atas informativeness tinggi (3,76). Kepuasan atas price sedang (3,22). Kepuasan atas customization tinggi (3,78). Secara bersama–sama, pengaruh kepuasan atas e-retailing attributes pada website terhadap niat beli ulang konsumen HIJUP di Bandung adalah 83%. Secara parsial, yang memberikan pengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen HIJUP di Bandung adalah kepuasan atas shopping convenience sebesar 0,173, kepusan atas product selection sebesar 0,286, dan kepuasan atas informativeness sebesar 0,144. Kepuasan atas price dan kepuasan atas customization pengaruhnya tidak signifikan terhadap niat beli ulang konsumen HIJUP di Bandung.