Abstract:
Pada zaman sekarang masyarakat ingin melakukan kegiatan dengan lebih cepat dan menghemat waktu. Sehingga makanan cepat saji dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu makanan cepat saji yang dicari oleh masyarakat adalah roti. Roti dapat dijadikan untuk sarapan dan kudapan. Hal tersebut membuat industri roti semakin meningkat, khususnya di Kota Bandung, mulai dari skala kecil, menengah sampai dengan skala besar. Fen’s Bluder merupakan toko roti yang berskala kecil dan memproduksi roti jadul yang disebut roti Bluder. Sejak awal didirikan hingga saat ini Fen’s Bluder sudah memilki strategi namun belum secara khusus maka dibutuhkannya pengembangan dan strategi yang tepat agar tetap bertahan menghadapi pesaing yang ada.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik Fen’s Bluder bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai strategi yang digunakan saat ini. Penulis menggunakan 3 teknik Analisa data yaitu aspek internal, aspek eksternal dan SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Fen’s Bluder dapat dinyatakan sudah memiliki strategi yaitu strategi diferensiasi. Namun untuk dapat menghadapi persaingan di masa yang akan datang, berdasarkan analisis aspek internal, aspek eksternal dan matriks SWOT. Strategi bersaing yang dapat digunakan Fen’s Bluder adalah Best Cost Provider, karena perusahaan mencari jalan tengah antara keuntungan dengan biaya rendah dan keuntungan diferensiasi yang menarik pasar.