Abstract:
SAÉ Local Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan digital marketing dalam memasarkan produk fashion yang dijualnya. Kegiatan digital marketing yang telah dilakukan SAÉ adalah memasarkan produk fashionnya melalui media sosial instagram. Pemasaran digital bukanlah sebuah media marketing yang di lakukan hanya dengan menggunakan teknologi saja, tetapi digital marketing memiliki komponen komponen yang harus diperhatikan dalam menjalankannya. Untuk mengeatahui penerapan digital marketing dan komponen-komponen yang telah dilakukan SAÉ, maka peneliti terarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui evaluasi penerapan pemasaran digital di start-up SAÉ.
Perusahaan yang menjadi objek penelitian adalah SAÉ Local Indonesia. SAÉ Local Indonesia ini dipilih karena merupakan salah satu perusahaan start-up yang melakukan kegiatan digital marketing melalui sosial media dalam memasarkan produknya. Akan tetapi hasil yang dididapatkan belum maksimal. Dari total baju yang di jual SAÉ Local Indonesia baru dapat menjualnya sebanyak 25 % nya dari total baju yang diproduksi untuk dijual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, untuk mendapatkan atau untuk memperoleh data-data yang digunakan untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, mengamati, mengumpulakn dan memeriksa data.
Hasil penelitian ini menunjuakan bahwa kegiatan perencanaan digital marketing yang dilakukan oleh SAÉ berjalan dengan baik. SAÉ dalam memasarkan produknya merencanakan bagaimana cara melakukan digital marketing untuk menjangkau target pasar yang dituju. Berdasarkan hasil penelitian ini, SAÉ Local Indonesia disarankan untuk menjalankan relationship management dalam melakukan kegiatan digital marketingnya. Dengan dijalankannya relationship management diaharapkan penjualan SAÉ Local Indonesia dapat mengingkat lebih pesat lagi.