Abstract:
Sebuah perusahaan yang hebat tercipta dari Sumber Daya Manusia yang kompeten. Dalam proses terciptanya Sumber Daya Manusia yang berkompeten terdapat proses rekrutmen dan seleksi yang seksama dan detail. Hal tersebut mencerminkan bahwa rekrutmen dan seleksi di dalam perusahaan sangatlah penting untuk jalannya perusahaan mendapatkan Sumber Daya Manusia yang unggul.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana proses rekrutmen dan seleksi yang dilakukan oleh perusahaan pakaian jadi Ouval Research dan apa saja yang menjadi hambatan dan tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi. Penelitian dilakukan oleh penulis di perusahaan pakaian jadi Ouval Research. Ouval Research adalah nama sebuah perusahaan industri rumah tangga dari CV. Sailan Industries yang memproduksi pakaian jadi. Sebagai salah satu pelopor industry clothing Indonesia, Ouval Research memiliki konsep desain tersendiri yang membedakan dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Konsep desain ini dinamakan contemporary design yaitu sebuah konsep desain modern yang melihat unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan anak muda saat ini dalam sebuah perspektif baru.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif analisis, metode penelitian yang dilakukan adalah survey. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penetitian yang dilakukan oleh penulis menyimpulkan bahwa proses rekrutmen yang dilakukan oleh Ouval Research paling banyak menggunakan metode rekrutmen eksternal melalui iklan lowongan kerja di Jobstreet. Metode rekrutmen tersebut berhasil memenuhi kebutuhan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Proses seleksi di Ouval Research menggunakan alat seleksi wawancara dan psikotes. Pelamar yang sudah melakukan serangkaian wawancara dan psikotes akan dinilai dan ditentukan oleh perusahaan kelayakannya untuk bekerja di perusahaan. Keputusan penerimaan dipengaruhi cukup besar oleh rekomendasi dari Pusat Pelayanan Psikologi dan Pengembangan Kepribadian (P4K) Universitas Islam Bandung.