dc.description.abstract |
Quirky Atmosphere merupakan bisnis startup yang menyediakan produk pakaian basic dengan target pasar utama yaitu perempuan yang memiliki tubuh kecil. Ide bisnis ini berawal dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa perempuan dengan tubuh kecil memiliki beberapa masalah pada saat proses pemilihan pakaian. Salah satu yang paling menarik adalah masalah terkait dengan sizing karena pada kenyataannya meskipun ukuran tubuh mereka kecil, ukuran pakaian terkecil yang disediakan oleh banyak toko masih kurang tepat di tubuhnya terutama dalam jahitan dan panjang baju. Untuk memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya, Quirky Atmosphere juga menyediakan berbagai macam ukuran yang dapat digunakan oleh pemilik tubuh lainnya. Perumusan ide bisnis dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari beberapa tahap yaitu emphaty, define, ideation, prototype dan test yang didukung dengan metode survey sebagai awal penelitian untuk merumuskan ide bisnis. Selanjutnya, strategi bisnis dilakukan dengan menggunakan metode Business Model Canvas untuk membantu peneliti dalam mengembangkan bisnisnya. Sejauh ini, kinerja bisnis baru dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan dan masih dalam proses pengembangan. Terdapat total 61 produk yang terjual terhitung sejak 4 November 2019-30 November 2019. Adapun perbaikan terkait dengan permintaan model dan jenis pakaian lain, warna serta packaging yang akan dilakukan pada tahap perkembangan bisnis selanjutnya. Perbaikan dilakukan berdasarkan saran dan masukan yang diperoleh baik dari konsumen atau non-konsumen. |
en_US |