Pengaruh kepuasan pada experiential marketing terhadap loyalitas pengunjung Kebun Binatang Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Nani, Robert Ignatius
dc.date.accessioned 2017-03-21T01:22:49Z
dc.date.available 2017-03-21T01:22:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33621
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1046
dc.description 22393 - FE en_US
dc.description.abstract Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (Belanda) dan pada sejak tahun 1965 Bandung Zoological berganti nama menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari, yang saat ini merupakan pengelola dari Kebun Binatang Bandung. Kebun Binatang Bandung mempunyai fokus untuk menjalankan fungsi kebudayaan, fungsi pendidikan & ilmu pengetahuan, fungsi perlindungan & pelestarian kekayaan alam, dan fungsi rekreasi. Fokus utama penelitian ini adalah pada strategi experiential marketing yang telah dijalankan oleh Kebun Binatang Bandung kepada para pengunjungnya. Judul Penelitian ini adalah “Pengaruh Kepuasan Pada Experiential Marketing Bandung Terhadap Loyalitas Pengunjung Kebun Binatang Bandung. Variabel penelitian dan dimensi-dimensi experiential marketing yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada definisi menurut Schmitt (1999:34), dan variabel penelitian loyalitas mengacu pada definisi Kotler (2005:18), dan dimensi-dimensi yang digunakan mengacu pada definisi menurut Zeitahml & Berry (1996). Penelitian ini menggunakan metode uji hipotesis yang mengacu pada Sekaran dan Bougie (2010:108) yaitu mengukur bagaimana variable-variabel bebas / variabel X (kepuasan akan experiential marketing Kebun Binatang Bandung) mempengaruhi variable terikat / variabel Y (loyalitas pengunjung) dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Sampel yang diambil sebanyak 115 responden dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :  Pengunjung puas pada experiential marketing Kebun Binatang Bandung yaitu pada dimensi think, act, dan relate, namun antara puas dan tidak puas pada dimensi sense dan feel.  Pengunjung loyal pada Kebun Binatang Bandung.  Dimensi dari X (kepuasan pada experiential marketing) yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (loyalitas pengunjung) adalah kepuasan pada sense, feel, dan think masing-masing sebesar 0,114, 0,082, dan 0,105 dan bersama-sama sebesar 90,1%, dan 2 dimensi lain yaitu act dan relate tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (loyalitas pengunjung). Saran dari penelitian ini adalah karena kepuasan pada sense, feel, dan act berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung, maka pengelola Kebun Binatang Bandung harus meningkatkan kinerja untuk meningkatkan kepuasan pada sense, feel, dan act. Namun, walapun kepuasan act dan relate tidak berpengaruh secara signifikan, pengelola harus mengembangkan kinerja pada strategi act dan relate demi mendapatkan citra yang baik pada pengunjung. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject experiential marketing, loyalitas en_US
dc.title Pengaruh kepuasan pada experiential marketing terhadap loyalitas pengunjung Kebun Binatang Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120106
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account