Perumusan strategi untuk meningkatkan kinerja Hotel X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Verdi, Sebastiano
dc.date.accessioned 2017-03-20T08:44:57Z
dc.date.available 2017-03-20T08:44:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33584
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1045
dc.description 22356 - FE en_US
dc.description.abstract Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang di Indonesia. Perkembangan pariwisata berpengaruh pula dengan perkembangan bisnis di sektor akomodasi atau penginapan. Perkembangan bisnis hotel menjadi salah satu bisnis yang berkembang di Indonesia. Bandung yang merupakan salah satu kota di Indonesia yang diproyeksikan menjadi salah satu destinasi wisata tanah air menjadi target lahan bisnis untuk bisnis hotel. Banyaknya jumlah hotel di Bandung membuktikan bahwa persaingan bisnis di bidang hotel ini semakin ketat. Hotel X adalah hotel bintang 4 yang sudah berdiri sejak tahun 2010 berlokasi di salah satu pintu masuk kota Bandung, Jalan Pasteur. Dalam Data PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jawa Barat juga menyebut jumlah hotel di Bandung telah mencapai 473 hotel, dengan total kamar sebanyak 26.000 unit. Tahun ini, ada sekitar 30 hotel baru tengah dibangun di Bandung. Alhasil, pada akhir 2016. Hal itu membuktikan dengan persaingan yang semakin ketat, Hotel X harus mengetahui lingkungan internal dan eksternal yang dimiliki agar dapat mengambil langkah selanjutnya untuk dapat bertahan dan berkembang dalam bisnis perhotelan serta mencapai tujuan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian yang berjudul “Perumusan Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Hotel X”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, yaitu suatu metode untuk memecahkan masalah yang terjadi dengan eksplorasi yang mendalam. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan studi literatur. Penelitian ini dimulai dengan mengevaluasi kondisi perusahaan, lalu menganalisis lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan analisis SWOT, matrik IFE dan EFE. Perumusan alternatif strategi dilakukan dengan menggunakan matrik SWOT dan matrik IE, kemudian dievaluasi dan diputuskan dengan menggunakan matrik QSPM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis menarik beberapa kesimpulan yaitu: Kinerja finansial Hotel X mengalami peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya revenue dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, peningkatan revenue Hotel X berbanding terbalik dengan tingkat hunian Hotel X yang mengalami penurunan jumlah penjualan kamar. Walaupun hotel X sudah melakukan ekspansi dengan menambah jumlah kamar pada tahun 2015, terjadi penurunan penjualan kamar Hotel X sebesar 3000 kamar. Berdasarkan matrik IFE, EFE, SWOT dan IE yang telah dilakukan menunjukkan posisi Hotel X berada pada kuadran V yaitu hold and maintain serta didapatkan 2 kelompok alternatif strategi yaitu product development dan market penetration. Alternatif strategi yang dipilih melalui QSPM adalah penggabungan antara strategi market penetration dan product development dengan tujuan meningkatkan pendapatan sebesar 10%-20%. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Kinerja, strategi, QSPM en_US
dc.title Perumusan strategi untuk meningkatkan kinerja Hotel X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120080
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account