Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas aktivitas promosi dalam usaha untuk meningkatkan brand awareness konsumen : studi kasus pada Chiba Cafe

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djajadikerta, Hamfri
dc.contributor.author Aripin, Clarissa
dc.date.accessioned 2020-04-13T04:21:05Z
dc.date.available 2020-04-13T04:21:05Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39032
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10441
dc.description 23904 - FE en_US
dc.description.abstract Berada dalam era globalisasi, manusia dihadapkan pada perkembangan zaman yang semakin pesat dimana hal ini memicu timbulnya persaingan dalam dunia bisnis. Agar dapat memenangkan persaingan, setiap perusahaan dituntut untuk menciptakan suatu nilai lebih yang membuatnya memiliki keunggulan tersendiri dalam menonjolkan produknya, bukan hanya melalui persaingan kualitas dan harga, namun juga melalui persaingan merek. Merek yang dulunya dianggap sebagai nama atau identitas yang membedakan produk dari pesaing, kini dipandang sebagai intangible asset perusahaan yang dapat menjadi salah satu alasan konsumen untuk mengeluarkan uang lebih banyak untuk “membeli merek” dari perusahaan yang lebih dikenal luas. Menanggapi hal tersebut, setiap perusahaan berlomba – lomba menciptakan ide promosi yang menarik dan variatif agar mereknya dapat dikenal target pasarnya (brand awareness-nya tinggi). Sehubungan dengan uraian di atas, peneliti melakukan pemeriksaan operasional untuk mengetahui posisi brand awareness Chiba Café terhadap sasaran pasar di Kota Bandung, sehingga peneliti dapat menilai dan mengevaluasi keefektifan kegiatan promosi yang telah dilakukan dan mengembangkan bagaimana strategi promosi yang tepa t untuk meningkatkan brand awareness konsumen terhadap Chiba Cafe. Landasan teori yang digunakan sebagai referensi adalah teori mengenai pemeriksaan, pemeriksaan operasional, promosi, merek, brand equity, dan brand awareness. Materi dan teori tersebut membantu pemahaman dan penyelesaian masalah yang ada di perusahaan yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan data untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Data yang diolah diperoleh melalui wawancara dan kuesioner sebagai data primer serta buku atau jurnal penelitian sebagai data sekunder . Wawancara digunakan untuk mengetahui kondisi aktivitas promosi di Chiba Cafe saat ini. Sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui posisi brand awareness perusahaan terhadap sasaran pasar di Kota Bandung. Hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan statistika deskriptif yang diringkas dalam bentuk tabel persentase dan diagram agar lebih mudah dimengerti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat brand awareness dari Chiba Cafe pada sasaran pasar di Kota Bandung masih berada pada tingkat yang rendah, yaitu pada tingkat minimal dari brand awareness dimana mayoritas responden menyebutkan nama Chiba Cafe hanya setelah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan. Aktivitas promosi yang digunakan pun tidak cukup efektif untuk memperkenalkan mereknya secara luas kepada sasaran pasarnya, dimana perusahaan tidak menggunakan media promosi seperti media sosial/elektronik dan aktivitas promosi yang selama ini dilakukan juga kurang variatif dan menarik bila dibandingkan dengan kompetitornya yang berada pada tingkat top of mind. Beberapa rekomendasi untuk meningkatkan brand awareness konsumen ke depannya antara lain dengan meningkatkan aktivitas promosinya yang masih minim, secara rincinya yaitu meningkatkan pengelolaan manajemen pada strategi promosinya, meningkatkan perancangan strategi promosi yang lebih baik, meningkatkan penggunaan media promosi yang beragam, membuat aktivitas promosi yang variatif dan menarik, melakukan peninjauan kembali atas kegiatan promosi secara berkala dengan pengukuran yang tepat, serta merumuskan target baik itu target jangka panjang maupun jangka pendek sebagai salah satu motivasi untuk terus fokus pada tujuan dan prospek perusahaan di masa yang akan mendatang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject pemeriksaan operasional en_US
dc.subject promosi en_US
dc.subject brand awareness en_US
dc.title Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas aktivitas promosi dalam usaha untuk meningkatkan brand awareness konsumen : studi kasus pada Chiba Cafe en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016130037
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408036001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account