Abstract:
Pertumbuhan penduduk di Kota Bandung pada tiap tahunnya akan memberikan dampak meningkatnya kebutuhan pangan. Disamping itu, seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat Kota Bandung memiliki gaya hidup modern. Salah satu gaya hidup modern adalah masyarakat lebih suka menghabiskan waktu di kafe atau Coffee Shop Baik untuk mengerjakan tugas, rapat, atau hanya sekedar bercengkrama bersama kerabat. Dengan melihat fenomena tersebut, banyak pengusaha yang melihat hal tersebut sebagai peluang dan tertarik untuk membuka bisnis kafe atau coffee shop. Coffee Shop XY adalah salah satu coffee shop di Kota Bandung yang berdiri sejak 8 juli 2015 di jalan Ciumbuleuit No. 151. Namun kondisi persaingan coffee shop sangat ketat karena pertumbuhan jumlah coffee shop yang terus meningkat. Selain itu pendapatan dari Coffee Shop XY berfluktuasi atau tidak stabil. Melihat hal tersebut perusahaan membutuhkan strategi yang tepat agar perusahaan dapat menghadapi persaingan, bertahan, serta mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Coffee Shop XY, mengetahui kondisi lingkungan internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan serta eksternal perusahaan yang mencakup peluang dan ancaman, mengetahui alternatif strategi Coffee Shop XY serta mengetahui rumusan strategi yang tepat dengan kondisi saat ini untuk meningkatkan kinerja coffee shop tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan juga dari dokumentasi perusahaan dalam hal ini adalah laporan laba rugi serta data penjualan dan item sold. Selanjutnya data yang diperoleh akan diolah pada input stage dengan menggunakan analisis SWOT, IFE matrix, EFE matrix, dan CPM. Setelah itu hasil dari input stage akan menjadi input untuk tahap selanjutnya yaitu matching stage. Pada tahap ini data akan diolah dengan menggunakan TOWS matrix dan IE matrix, dan kemudian di evaluasi secara objektif pada decision stage dengan menggunakan QSPM untuk mendapatkan strategi yang paling tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka penulis menarik beberapa kesimpulan yaitu penjualan dan profit Coffee Shop XY dari tahun 2015 sampai 2016 tidak stabil atau berfluktuasi dan juga belum pernah mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Namun kinerja atau kondisi keuangan Coffee Shop XY terbilang cukup sehat karena perusahaan tidak memiliki hutang, dan juga cukup profitable. Perusahaan perlu memperbaiki beberapa kinerja non-finansial untuk meningkatkan kinerja serta mencapai tujuan perusahaan karena kinerja non-finansial perusahaan saat ini belum cukup baik. Berdasarkan hasil dari matriks IFE, EFE, CPM, TOWS dan IE yang sudah di olah pada QSPM, menunjukkan bahwa strategi yang tepat saat ini untuk meningkatkan kinerja adalah market penetration. Namun akan lebih baik jika perusahaan menerapkan strategi market penetration yang dikombinasikan dengan strategi product development untuk memaksimalkan usaha dalam upaya menghadapi persaingan dan meningkatkan kinerja.