Abstract:
Saat ini, masyarakat hidup dalam era yang tidak dapat dipisahkan dengan teknologi informasi.
Teknologi informasi dapat membantu masyarakat memperoleh informasi dari tempat yang
berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah. Di bidang akuntansi,
teknologi informasi memberikan dampak berupa pemrosesan data yang semula dilakukan
dengan cara manual kini mulai memanfaatkan komputer. Sistem informasi akuntansi berbasis
komputer juga dapat membantu para akuntan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas
untuk pengambilan keputusan. Mayoritas UMKM di Indonesia belum menggunakan teknologi
informasi dalam kegiatan operasionalnya. Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah CV. Empat Saudara yang merupakan salah satu contoh UMKM yang bergerak di
perdagangan. Topik yang digunakan dalam penelitian ini adalah perancangan sistem informasi
akuntansi pada siklus pendapatan CV. Empat Saudara.
Sistem informasi akuntansi dapat membantu perusahaan dalam menghasilkan
informasi yang berkualitas untuk pengambilan keputusan. Informasi yang berkualitas memiliki 7
karakteristik yaitu: relevant, reliable, complete, timely, understandable, verifiable, dan
accessible. Sistem informasi akuntansi dapat dikembangkan dengan Systems Development Life
Cycle (SDLC) yang memiliki 5 tahap yaitu perencanaan sistem, analisis sistem, desain sistem,
implementasi sistem, dan operasionalisasi sistem.
Metode penelitian yang digunakan adalah hypothetico deductive. Data yang
digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara dan
observasi serta data sekunder yang didapatkan dari data perusahaan seperti daftar barang yang
dijual oleh perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
studi lapangan dan tinjauan literatur.
Berdasarkan hasil penelitian, sistem informasi yang terdapat di perusahaan
masih memiliki kelemahan. Penelitian ini merancang sistem informasi akuntansi berbasis
komputer yang dapat membantu perusahaan dalam menangani kelemahan tersebut. Hasil
penelitian ini merekomendasikan perusahaan untuk melakukan penambahan karyawan untuk
bagian penagihan karena fungsi penagihan di perusahaan masih dirangkap oleh bagian distribusi.
Selain itu, penelitian ini juga merekomendasikan perusahaan menggunakan dokumen dan sistem
informasi akuntansi berbasis komputer dirancang agar dapat memberikan manfaat bagi
perusahaan.