Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas strategi bauran pemasaran Hi, Brew! Coffee dalam memenuhi kepuasan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djajadikerta, Hamfri
dc.contributor.author Kie, Nadya Ryan
dc.date.accessioned 2020-04-13T00:36:58Z
dc.date.available 2020-04-13T00:36:58Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39027
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10425
dc.description 23899 - FE en_US
dc.description.abstract Adanya tren peralihan konsumsi dari kebutuhan akan barang menjadi kebutuhan untuk mengisi waktu senggang (leisure) semakin berkembang di Indonesia sejak tahun 2018. Perubahan gaya hidup masyarakat dan pertumbuhan masyarakat kelas menengah di Indonesia juga mendorong semakin banyaknya pengusaha yang memasuki bisnis kuliner khususnya kafe. Kondisi persaingan yang semakin ketat menuntut inovasi dari para pengusaha kafe yang perlu terus melakukan upaya-upaya strategis untuk menawarkan nilai tambah kepada konsumennya agar mampu bertahan di tengah persaingan. Hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan barang dan jasa dengan baik agar dapat unggul serta dengan berlombalomba dalam menawarkan konsep yang unik dan berbagai promosi yang dapat menarik konsumen. Pemasaran memiliki peran dalam memberikan daya tarik kepada konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan ialah strategi bauran pemasaran (marketing mix). Terdapat 7 aspek penting untuk perusahaan yang menawarkan produk berupa barang dan jasa yaitu produk, harga, saluran distribusi / tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Ketujuh variabel tersebut apabila dikombinasikan secara tepat dan efektif oleh perusahaan akan menghasilkan respon yang baik dari konsumen dan menimbulkan kepuasan konsumen yang maksimal. Hal ini juga akan berpengaruh positif terhadap kelangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan ialah metode studi deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer yaitu hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa profil dan struktur organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi lapangan dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pemeriksaan operasional terhadap efektivitas strategi bauran pemasaran Hi, brew! Coffee dalam memenuhi kepuasan konsumennya. Berdasarkan hasil pemeriksaan operasional yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan Hi, brew! Coffee masih belum sepenuhnya efektif. Hal tersebut ditandai dengan terdapatnya beberapa aspek bauran pemasaran yang kurang memuaskan konsumen, yakni kesesuaian harga dengan kualitas produk, tersedianya tempat parkir yang memadai, dan mengenai suhu ruangan, kegiatan promosi yang kurang menarik dan optimal, serta tidak adanya evaluasi kegiatan promosi melalui media sosial yang ditangani oleh pihak ketiga. Terdapat beberapa rekomendasi yang diberikan yaitu menetapkan standar dan quality control sebagai pedoman terkait proses pembuatan maupun penyajian makanan, memindahkan penempatan papan valet parking agar lebih terlihat, mengatur suhu ruangan yang nyaman sesuai cuaca dan maintenance pendingin ruangan secara berkala, mengadakan berbagai promo menarik seperti diskon / potongan harga untuk mahasiswa / pelajar atau dengan mengunggah story berupa produk atau tempat di Instagram, mengadakan event tertentu seperti ‘nobar’ pertandingan bola dengan menyewa proyektor dan layar, menyediakan informasi terkait promo yang sedang diadakan kepada konsumen, membuat kontrak atau perjanjian tertulis yang jelas dengan pihak ketiga (social media handling), meminta laporan hasil kinerja kepada pihak ketiga terkait kegiatan promosi secara berkala, meminta akses akun Instagram Hi, brew! Coffee yang dikelola pihak ketiga, serta memanfaatkan fitur dari akun bisnis pada Instagram. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject pemeriksaan operasional en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.subject strategi bauran pemasaran en_US
dc.subject kepuasan konsumen en_US
dc.title Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas strategi bauran pemasaran Hi, Brew! Coffee dalam memenuhi kepuasan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016130024
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408036001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account