dc.description.abstract |
Karyawan atau pegawai merupakan suatu aspek yang sangat penting bagi sebuah
perusahaan, sebagian besar kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan melibatkan
karyawan yang dimilikinya. Dikarenakan para karyawan yang berhubungan
langsung oleh para konsumen, maka dibutuhkan karyawan yang berkualitas
sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para konsumennya.
Kinerja karyawan dipengaruhi oleh kepuasan kerja yang terdapat pada lingkungan
kerja. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja salah satunya
adalah iklim organisasi.
Robert Stringer menyatakan bahwa dimensi dari Iklim Organisasi terdiri
dari 6 dimensi, yakni Struktur Organisasi, Standar, Tanggung Jawab, Penghargaan,
Dukungan, dan Komitmen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan
Antara Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan di café Hi Brew. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan populasi yang
berjumlah 12 karyawan. Setelah dilakukan observasi dan wawancara diketahui
bahwa terdapat beberapa gejala pada ketidakpuasan kerja karyawan dan iklim
organisasi, yang salah satunya adalah terjadinya turnover pada tahun 2017 dan
2018 pada ketidakpuasan kerja karyawan. Sedangkan untuk iklim organisasi yang
tidak kondusif ditandai dengan kurangnya dukungan dari sesama rekan kerja oleh
para karyawan.
Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan Uji
Korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara
Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan di café Hi Brew, dengan diperoleh
nilai sebesar 0.965. |
en_US |