Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan : studi kasus pada PT. Saudara Mitra Sejahtera

Show simple item record

dc.contributor.advisor Felisia
dc.contributor.author Santosa, Clarissa Emmanuela
dc.date.accessioned 2020-04-08T07:24:28Z
dc.date.available 2020-04-08T07:24:28Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39025
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10418
dc.description 23897 - FE en_US
dc.description.abstract Perekonomian dunia saat ini sedang berkembang pesat. Seiring dengan hal tersebut, tingkat persaingan bisnis pun menjadi semakin kompetitif. Persaingan bisnis tidak terlepas dari laba yang menunjang keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Siklus penjualan menjadi aktivitas yang berperan penting dalam menghasilkan laba perusahaan. Salah satu instrumen dasar pengendalian internal perusahaan adalah penciptaan sistem pengendalian internal yang efektif agar perusahaan dapat memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lain. Dalam siklus penjualan yang dijalankan perusahaan, tentu terdapat risiko dan ancaman yang mungkin terjadi yang dapat merugikan perusahaan. Pengendalian internal penting untuk dilaksanakan dalam siklus penjualan agar perusahaan dapat mengurangi risiko dan ancaman yang mungkin terjadi dalam siklus penjualan. Salah satu komponen pengendalian internal adalah aktivitas pengendalian yang sebaiknya diterapkan perusahaan agar dapat meningkatkan efektivitas siklus penjualan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Data diperoleh dari studi lapangan dan studi kepustakaan. Objek penelitian yang diteliti adalah peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan pada PT. Saudara Mitra Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan aktivitas pengendalian yang telah diterapkan perusahaan sudah cukup memadai. Perusahaan menerapkan lima aktivitas pengendalian, yaitu otorisasi yang memadai terhadap transaksi dan aktivitas, pemisahan fungsi, desain dan penggunaan dokumen dan catatan, pengamanan aset, catatan, dan data, serta penilaian independen atas kinerja. Namun, masih terdapat beberapa aktivitas pengendalian yang kurang memadai seperti tidak adanya penilaian pemberian kredit, adanya dokumen perusahaan yang tidak memiliki nomor dan kolom otorisasi, serta tidak adanya penilaian atas beberapa bagian dalam perusahaan. Penulis menyarankan untuk memberikan credit limit atas setiap pelanggan. Perusahaan sebaiknya mendesain ulang dokumen surat jalan dan laporan pendapatan piutang agar kegunaannya lebih efektif. Selain itu, perusahaan juga sebaiknya memberikan penilaian kinerja untuk semua bagian yang ada dalam perusahaan agar karyawan dapat lebih termotivasi sehingga kinerjanya dapat terus meningkat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Aktivitas Pengendalian en_US
dc.subject Efektivitas Siklus Penjualan en_US
dc.title Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan : studi kasus pada PT. Saudara Mitra Sejahtera en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016130018
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401028301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account