dc.description.abstract |
Perkembangan industri kreatif di Kota Bandung yang cukup pesat menuntut para pelaku bisnis untuk selalu menciptakan produk-produk yang inovatif agar dapat memenuhi kepuasan konsumennya. Seperti ROOPACKS yang didirikan pada tahun 2012 ini merupakan perusahaan yang bergerak di industri kreatif Bandung yang menggunakan website serta media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk membantu memasarkan produknya. ROOPACKS menawarkan produk tas ransel multifungsi (3 in 1 bag) yang bisa berubah menjadi tas selempang dengan metode lipat yang unik dan original serta fitur tambahan, yaitu sleeve laptop yang dapat dipasang didalam tas ransel ataupun bisa dilepas menjadi bagian terpisah. Banyaknya brand-brand lokal yang menjual produk tas ransel sejenis seperti Imagery Bags, merupakan salah satu produsen tas yang juga bergerak di industri kreatif Bandung yang secara tidak langsung merupakan pesaing terdekat dari ROOPACKS. Ditambah lagi dengan brand-brand luar yang sudah terlebih dahulu eksis dalam industri fashion. Brand-brand tersebut juga menyediakan produk tas ransel dengan kualitas yang terjamin meskipun dengan harga yang relatif lebih mahal tetapi tidak terlalu jauh dengan harga tas-tas ransel yang ditawarkan oleh brand lokal. Sehingga pada akhirnya, konsumen pun memiliki lebih banyak pilihan dalam proses membeli tas. Melihat fenomena yang ada, penulis tertarik untuk meneliti seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap niat beli tas ROOPACKS. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksplanatori dengan menggunakan kuesioner, melakukan wawancara, dan observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan convenience sampling. Hasil penelitian kemudian diolah secara deskriptif dan menggunakan alat bantu statistik yaitu software SPSS. Dalam penelitian ini terdapat variabel independent yaitu atribut produk yang terdiri dari 3 dimensi yaitu product quality (X1), product features (X2), dan product style and design (X3). Sedangkan variabel dependentnya adalah niat beli (Y). Pengujian hipotesis yang telah dibangun menggunakan metode rata-rata hitung, uji regresi linier berganda, uji F, uji T, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk tas ROOPACKS berpengaruh positif terhadap niat beli. Atribut produk tas ROOPACKS yang paling berpengaruh adalah product quality dan product style and design. Sehingga, penulis menyarankan kepada pihak ROOPACKS untuk terus meningkatkan kualitas produk dari ROOPACKS dan juga meningkatkan aktivitas promosinya dengan lebih gencar lagi agar dapat meningkatkan brand awareness serta positioningnya di benak konsumen. Selain itu, dengan adanya tas multifungsi dari ROOPACKS ini dirasa banyak memberikan manfaat bagi konsumen sehingga hal ini menjadi nilai tambah yang harus dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan dengan melakukan inovasi agar dapat meningkatkan niat beli konsumen. ROOPACKS juga sebaiknya segera membuka gerai resminya, khususnya di Bandung agar konsumen dapat dengan mudah menjangkau produk ROOPACKS dengan mengunjungi storenya untuk melihat bahkan menyentuh produk ROOPACKS secara langsung. |
en_US |