Peranan cost volume profit analysis dalam menentukan volume penjualan rumah untuk mencapai laba yang diharapkan : studi kasus pada PT. Triputra Doshisha

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kosasih, Elsje
dc.contributor.author Siahaan, Kevin Rittar Artahsasta
dc.date.accessioned 2020-04-01T03:51:12Z
dc.date.available 2020-04-01T03:51:12Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39100
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10327
dc.description 23972 - FE en_US
dc.description.abstract Dalam perkembangan zaman, persaingan bisnis di Indonesia semakin ketat. Industri properti merupakan salah satu industri terbesar yang menjadi penggerak ekonomi Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2019 mengungkapkan angka kebutuhan rumah yang belum terpenuhi mencapai 7,6 juta. Namun, pertumbuhan industri properti dari tahun 2014 hingga 2019 berada di kisaran 3,5% per tahun, sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional berada di kisaran 5% per tahun. Dengan tantangan yang dihadapi, PT Triputra Doshisha membutuhkan metode Cost Volume Profit Analysis untuk membantu perusahaan dalam menyusun strategi yang tepat untuk mencapai target labanya. Informasi yang diperoleh dari Cost Volume Profit Analysis juga membantu perusahaan untuk bertahan ataupun berkembang menghadapi tantangan yang ada. Cost volume profit analysis adalah sebuah alat yang dipakai untuk membantu manajer dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang merangkumkan pengaruh dari perubahan volume aktivitas terhadap biaya, pendapatan, dan laba dalam sebuah organisasi. Dengan cost volume profit analysis juga dapat membantu perusahaan mengetahui seberapa banyak penjualan dapat berkurang agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Cost volume profit analyisis juga membantu perusahaan untuk mengetahui seberapa banyak perusahaan harus menjual produknya agar laba yang diharapkan tercapai, apabila terjadi perubahan pada berbagai faktor yang mempengaruhi laba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Peneliti memperoleh data berupa data primer dan sekunder. Data primer tersebut diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan data sekunder diperoleh dengan studi kepustakaan, kemudian data tersebut dianalisis yang kemudian akan dibuat sebuah kesimpulan dan saran bagi perusahaan. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa PT Triputra Doshisha belum menggunakan cost volume profit analysis dalam menetapkan volume penjualan rumah untuk mencapai laba yang diharapkan. PT Triputra Doshisha menggunakan perhitungan sederhana dalam menentukan target penjualan untuk mencapai laba yang diharapkan. Untuk melakukan cost volume profit analysis, penulis mengidentifikasi biaya berdasarkan perilaku biayanya, yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Dengan menggunakan cost volume profit analysis, dapat diketahui breakeven point perusahaan adalah sebesar 13 unit rumah (Rp. 2.990.000.000) jika tanpa perubahan pada variabel cost, fixed cost, dan harga jual. Untuk tahun 2019, laba yang diharapkan perusahaan adalah sebesar Rp. 4.232.470.043 (15% lebih tinggi dari tahun sebelumnya), berdasarkan perhitungan penulis menggunakan cost volume profit analysis, maka perusahaan harus menjual sebanyak 46 unit rumah atau target revenue sebesar Rp. 10.580.000.000. Dari hasil pembahasan yang dilakukan, terdapat perubahan harga jual menjadi Rp. 200.000.000 (turun Rp.30.000.000 dari tahun sebelumnya), biaya tetap menjadi Rp.505.600.436 (5% lebih tinggi dari tahun sebelumnya), dan biaya variabel per unit rumah menjadi Rp 86.666.889,75 (naik Rp.4.659.049,75 dari tahun sebelumnya). Untuk itu, penulis menyarankan sebaiknya PT Triputra Doshisha menggunakan cost volume profit analysis untuk membantu perusahaan tetap memproleh laba yang diharapkan dan menetapkan target penjualan sebesar 60 unit rumah dengan target revenue Rp.12.000.0000.000. Selain itu penulis menyarankan PT Triputra Doshisha sebaiknya melakukan benchmark untuk rumah sejenis yang dihasilkan oleh pesaing dan PT Triputra Doshisha sebaiknya terus mengikuti dan mencari informasi terkait perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis di Kota Batam. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject cost volume profit analysis en_US
dc.subject laba yang diharapkan en_US
dc.subject breakeven point en_US
dc.subject target en_US
dc.subject revenue en_US
dc.title Peranan cost volume profit analysis dalam menentukan volume penjualan rumah untuk mencapai laba yang diharapkan : studi kasus pada PT. Triputra Doshisha en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2014130074
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416045501
dc.identifier.kodeprodi ODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account