Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas dan efisiensi aktivitas pembelian jasa layanan akomodasi dan transportasi dan aktivitas penjualan paket umrah : studi kasus Khalifah Tour

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wirawan, Samuel
dc.contributor.author Maharani, Eldira
dc.date.accessioned 2020-03-31T08:52:53Z
dc.date.available 2020-03-31T08:52:53Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39097
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10312
dc.description 23969 - FE en_US
dc.description.abstract Setiap umat Muslim termasuk umat Muslim di Indonesia ingin menjalankan ibadah Haji dan Umrah di tanah suci sesuai aturan agama Islam. Maka dari itu, permintaan atas jasa biro perjalanan Haji dan Umrah sangatlah tinggi, begitu juga dengan jumlah pesaing di industri tersebut. Hal ini membuat perusahaan harus lebih kompetitif dalam menjalankan usahanya sehingga tidak kalah bersaing. Sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di industri tour & travel Umrah untuk memperhatikan aktivitas pembelian, terkait perencanaan pembelian jasa akomodasi (hotel) dan transportasi (pesawat) serta aktivitas penjualan paket Umrah terkait perencanaan penjualan dan pemasaran. Dalam upaya menilai efektivitas dan efisiensi dari aktivitas pembelian akomodasi dan transportasi dan aktivitas penjualan paket Umrah, maka perusahaan dapat melakukan pemeriksaan operasional. Pemeriksaan operasional adalah suatu proses menganalisis kegiatan operasi untuk menilai efektivitas dan efisiensi dari kegiatan tersebut. Hasil dari pemeriksaan tersebut merupakan rekomendasi yang disarankan kepada manajemen supaya dapat menjadi solusi perbaikan yang dibutuhkan perusahaan. Perbaikan yang disarankan berupa perbaikan terhadap aktivitas-aktivitas di perusahaan seperti aktivitas pembelian dan penjualan. Aktivitas pembelian adalah proses memperoleh barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Sedangkan aktivitas penjualan adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi dan memberi petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produksi yang ditawarkan. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang sangat penting bagi semua perusahaan termasuk perusahaan tour & travel yang menyelenggarakan perjalanan ibadah Umrah. Penyelenggaraan perjalanan ibadah Umrah adalah rangkaian kegiatan perjalanan Umrah meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan jamaah Umrah oleh pemerintah atau penyelenggara perjalanan ibadah Umrah. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif membantu untuk memahami karakteristik kelompok dalam menawarkan ide untuk penyelidikan lebih lanjut dan membantu membuat keputusan tertentu. Objek penelitian ini adalah pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas dan efisiensi aktivitas pembelian jasa layanan akomodasi dan transportasi dan aktivitas penjualan paket Umrah dengan lokasi penelitian di Khalifah Tour. Peneliti menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan hasil observasi serta sumber data sekunder yaitu dokumentasi perusahaan. Data yang dikumpul selanjutnya diolah sehingga menghasilkan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelian dan penjualan secara umum belum memadai. Peneliti menemukan beberapa kelemahan yaitu kebijakan dan prosedur penetapan biaya akomodasi, transportasi serta penetapan kuota jamaah, kebijakan dan prosedur penetapan target penjualan paket Umrah, aktivitas pemasaran paket Umrah, pelayanan oleh karyawan bagian penjualan terhadap jamah dan calon jamaah di kantor perusahaan serta pelayanan di tanah suci terhadap jamaah belum memadai. Berdasarkan data perusahaan, penjualan seluruh paket Umrah di tahun 2017 menghasilkan total kerugian sebesar Rp. 5.912.736 dengan terdapatnya paket Regular dengan kerugian besar sebesar Rp. 17.004.000 dan menghasilkan laba di tahun 2018 total sebesar Rp. 1.231.705 dengan terdapatnya paket Regular dengan kerugian yang besar sebesar Rp.23.211.615 Tidak terjualnya unit paket Umrah serta kebijakan perusahaan mengenai pengunduran batas pendaftaran calon jamaah di peak season, menyebabkan perusahaan menanggung biaya penalty dari hotel dan cancellation fee dari maskapai sebesar Rp. 14.271.282 di tahun 2017 dan sebesar Rp. 4.817.104 di tahun 2018. Saran yang diberikan antara lain penggunaan kurs USD sebagai mata uang penjualan paket Umrah untuk mengantisipasi perubahan kurs USD. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject pemeriksaan operasional en_US
dc.subject aktivitas pembelian en_US
dc.subject aktivitas penjualan en_US
dc.subject efektif dan efisien en_US
dc.title Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas dan efisiensi aktivitas pembelian jasa layanan akomodasi dan transportasi dan aktivitas penjualan paket umrah : studi kasus Khalifah Tour en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2013130167
dc.identifier.nidn/nidk 9900993398
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account