Abstract:
Setiap umat Muslim termasuk umat Muslim di Indonesia ingin menjalankan ibadah Haji
dan Umrah di tanah suci sesuai aturan agama Islam. Maka dari itu, permintaan atas jasa biro
perjalanan Haji dan Umrah sangatlah tinggi, begitu juga dengan jumlah pesaing di industri tersebut.
Hal ini membuat perusahaan harus lebih kompetitif dalam menjalankan usahanya sehingga tidak kalah
bersaing. Sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di industri tour & travel Umrah untuk
memperhatikan aktivitas pembelian, terkait perencanaan pembelian jasa akomodasi (hotel) dan
transportasi (pesawat) serta aktivitas penjualan paket Umrah terkait perencanaan penjualan dan
pemasaran. Dalam upaya menilai efektivitas dan efisiensi dari aktivitas pembelian akomodasi dan
transportasi dan aktivitas penjualan paket Umrah, maka perusahaan dapat melakukan pemeriksaan
operasional.
Pemeriksaan operasional adalah suatu proses menganalisis kegiatan operasi untuk menilai
efektivitas dan efisiensi dari kegiatan tersebut. Hasil dari pemeriksaan tersebut merupakan
rekomendasi yang disarankan kepada manajemen supaya dapat menjadi solusi perbaikan yang
dibutuhkan perusahaan. Perbaikan yang disarankan berupa perbaikan terhadap aktivitas-aktivitas di
perusahaan seperti aktivitas pembelian dan penjualan. Aktivitas pembelian adalah proses memperoleh
barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Sedangkan aktivitas penjualan adalah suatu kegiatan yang
ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi dan memberi petunjuk agar pembeli dapat
menyesuaikan kebutuhannya dengan produksi yang ditawarkan. Aktivitas-aktivitas tersebut
merupakan aktivitas yang sangat penting bagi semua perusahaan termasuk perusahaan tour & travel
yang menyelenggarakan perjalanan ibadah Umrah. Penyelenggaraan perjalanan ibadah Umrah adalah
rangkaian kegiatan perjalanan Umrah meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan jamaah
Umrah oleh pemerintah atau penyelenggara perjalanan ibadah Umrah.
Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif.
Metode penelitian deskriptif membantu untuk memahami karakteristik kelompok dalam menawarkan
ide untuk penyelidikan lebih lanjut dan membantu membuat keputusan tertentu. Objek penelitian ini
adalah pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas dan efisiensi aktivitas pembelian jasa
layanan akomodasi dan transportasi dan aktivitas penjualan paket Umrah dengan lokasi penelitian di
Khalifah Tour. Peneliti menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan hasil observasi
serta sumber data sekunder yaitu dokumentasi perusahaan. Data yang dikumpul selanjutnya diolah
sehingga menghasilkan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelian dan
penjualan secara umum belum memadai. Peneliti menemukan beberapa kelemahan yaitu kebijakan
dan prosedur penetapan biaya akomodasi, transportasi serta penetapan kuota jamaah, kebijakan dan
prosedur penetapan target penjualan paket Umrah, aktivitas pemasaran paket Umrah, pelayanan oleh
karyawan bagian penjualan terhadap jamah dan calon jamaah di kantor perusahaan serta pelayanan di
tanah suci terhadap jamaah belum memadai. Berdasarkan data perusahaan, penjualan seluruh paket
Umrah di tahun 2017 menghasilkan total kerugian sebesar Rp. 5.912.736 dengan terdapatnya paket
Regular dengan kerugian besar sebesar Rp. 17.004.000 dan menghasilkan laba di tahun 2018 total
sebesar Rp. 1.231.705 dengan terdapatnya paket Regular dengan kerugian yang besar sebesar
Rp.23.211.615 Tidak terjualnya unit paket Umrah serta kebijakan perusahaan mengenai pengunduran
batas pendaftaran calon jamaah di peak season, menyebabkan perusahaan menanggung biaya penalty
dari hotel dan cancellation fee dari maskapai sebesar Rp. 14.271.282 di tahun 2017 dan sebesar Rp.
4.817.104 di tahun 2018. Saran yang diberikan antara lain penggunaan kurs USD sebagai mata uang
penjualan paket Umrah untuk mengantisipasi perubahan kurs USD.