Usulan perbaikan mutu layanan Rumah Sakit Kebon Jati terhadap pasien BPJS rawat inap menggunakan metode IGA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nainggolan, Marihot
dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.author Aldinov, Laurensius Andre
dc.date.accessioned 2020-02-11T02:07:24Z
dc.date.available 2020-02-11T02:07:24Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38678
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10098
dc.description 4930 - FTI en_US
dc.description.abstract Rumah Sakit Kebon Jati didirikan oleh perkumpulan masyarakat Tionghoa pada sekitar tahun 1943 dengan nama Cung Hua Ie Yuen yang berarti Rumah Sakit Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Chung Hua Chung Hui dengan gedung fsilitas sederhana diawali dengan pembukaan Poliklinik. Rumah sakit yang berdiri sampai sekarang ini juga turut melayani pasien BPJS yang merupakan salah satu program kesehatan negara. Namun hingga sekarang masih banyak keluhan yang ditemukan dari pasien-pasien pemegang kartu BPJS yang berobat di rumah sakit ini. Atribut-atribut yang merupakan bagian dari kualitas pelayanan di rumah sakit ini didapat dari hasil studi literatur dan wawancara dari pasien maupun keluarga pasien pemegang kartu BPJS. Diperoleh sebanyak 23 atribut yang akan dievalusi dalam penelitian ini. Metode yang dipakai adalah Improvement Gap Analysis (IGA).Kuesioner dalam Improvement Gap Analysis terdiri dari tiga bagian yaitu functional question, dysfunctional question, dan customer satisfaction. Kuesioner kemudian disebar kepada 115 responden dan setelah diuji validitas tidak ada atribut yang tidak valid. Data dari kuesioner kemudian digunakan untuk membuat matriks IGA agar dapat diketahui atribut apa saja yang menjadi prioritas untuk perbaikan. Usulan perbaikan kemudian diberikan kepada sembilan atribut yang berada pada kuadran 1 yaitu; Atribut A3, Atribut A4, Atribut A5, Atribut A6, Atribut A7, Atribut A9, Atribut A10, dan Atribut A11 karena atribut yang terletak pada kuadran ini memerlukan critical attributes improve. Perbaikan juga diusulkan pada atribut yang berada pada kuadran 4 yaitu; Atribut A2, Atribut A8, Atribut A14, dan Atribut 15 karena atribut yang berada pada kuadran ini akan memberikan perubahan tingkat kepuasan yang signifikan bila diperbaiki. Usulan perbaikan kurang lebih adalah menambah kateter sapiens, melakukan audit inventaris, menyediakan brosur, menambah taman, dan melakukan training karyawan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan mutu layanan Rumah Sakit Kebon Jati terhadap pasien BPJS rawat inap menggunakan metode IGA en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610171
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account