Strategi Indonesia pada sektor industri pakaian jadi untuk merespon tantangan pasar global dalam aspek Global Production Network

Show simple item record

dc.contributor.advisor Apresian, Stanislaus Risadi
dc.contributor.author Gavana, Alexander
dc.date.accessioned 2020-02-06T03:36:31Z
dc.date.available 2020-02-06T03:36:31Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38570
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10060
dc.description 8940 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dinamika pasar pakaian jadi global memberi kesinambungan yang dapat menganggu para konsumen niche market bagi sektor pakaian jadi Indonesia yang sudah ditargetkan. Beberapa tantangan dari pasar global yang dihadapi oleh sektor pakaian jadi Indonesia adalah pakaian impor bekas dan ilegal, melemahnya daya saing industri pakaian jadi nasional yang terkait dengan produksi, dan kondisi politik internasional. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu tentang strategi yang diterapkan oleh Indonesia untuk merespon tantangan pasar global dalam aspek global production network bagi sektor pakaian jadi. Dalam menjawab penelitian "Bagaimana strategi Indonesia pada sektor pakaian jadi untuk merespon tantangan pasar global dalam aspek Global Production Network?". Penulis melakukan analisa terhadap strategi indonesia pada pakaian jadi dalam aspek GPN. Penulis menganalisa strategi tersebut dengan menggunakan konsep global production network oleh Neil M. Coe dan teori neoliberal oleh David Harvey. Metode yang digunakan penulis adalah kualitatif. Data-data berupa artikel, jurnal, buku, dokumen, penelitian, dan observasi yang setelahnya dirangkai menjadi sebuah penelitian yang mudah dipahami oleh pembaca. Dalam penelitian ini telah ditemukan Indonesia memiliki tiga strategi dengan melakukan kerjasama dengan membentuk jaringan antara pemerintah, industri, pelaku usaha, negara lain, dan perusahaan multinasional, membentuk rantai pemasaran, dan membuat kebijakan untuk sektor pakaian jadi Indonesia dengan determinan faktor keberhasilan dari konsep strategi GPN adalah teknologi untuk melakukan produksi. Hasil penelitian ini menunjukan strategi-strategi Indonesia yang digunakan pada sektor pakaian jadi dalam aspek GPN untuk merespon tantangan di pasar global beserta efektivitasnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject Pakaian en_US
dc.subject Global Production Network en_US
dc.subject Pasar en_US
dc.subject Tantangan en_US
dc.title Strategi Indonesia pada sektor industri pakaian jadi untuk merespon tantangan pasar global dalam aspek Global Production Network en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015330135
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account