Usulan perbaikan untuk meningkatkan niat beli konsumen pada Toko Daring Colugo Books

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Wardhani, Angelica Purna
dc.date.accessioned 2020-02-04T08:16:08Z
dc.date.available 2020-02-04T08:16:08Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38655
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10039
dc.description 4907 - FTI en_US
dc.description.abstract Bisnis daring di Indonesia kini mulai banyak bermunculan seiring dengan berkembangnya teknologi. Salah satu jenis usaha yang memanfaatkan penjualan produk secara daring adalah Colugo Books yang menjual buku dan alat tulis (stationery). Walaupun kemudahan berbisnis lewat daring sangat signifikan, hasil penjualan yang didapatkan tidak mengalami peningkatan dan cenderung terus menurun. Penyebab dari permasalahan ini adalah ketidakberhasilan upaya yang dilakukan Colugo Books untuk meningkatkan niat beli konsumen melalui platform belanja daring yang dimilikinya. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa responden, niat beli konsumen untuk berbelanja secara daring dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat dari berbelanja melalui platform belanja daring. Selain itu, responden juga merasa bahwa rekomendasi dari orang terdekat yang pernah berbelanja melalui platform belanja daring mendorongnya untuk melakukan pembelian suatu produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen muda secara daring dan usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan niat beli konsumen pada Toko Daring Colugo Books. Penelitian dilakukan dengan menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan subjective norms pada platform belanja daring terhadap niat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dilanjutkan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik. Penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, dan subjective norm secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap niat beli konsumen. Pada penelitian ini, subjective norm merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi niat beli konsumen. Berdasarkan hal tersebut, direkomendasikan sejumlah upaya perbaikan untuk Toko Daring Colugo Books yang meliputi penambahan dan peningkatan fitur, promosi, dan iklan. Seluruh usulan diterima dan akan diimplementasikan oleh Toko Daring Colugo Books. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan untuk meningkatkan niat beli konsumen pada Toko Daring Colugo Books en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610199
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account