Usulan kombinasi atribut Hotel Sparks Odeon dengan metode Choice-Based Conjoint

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Tungki, Audry Dwithabakti
dc.date.accessioned 2020-02-04T05:08:56Z
dc.date.available 2020-02-04T05:08:56Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38695
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10031
dc.description 4947 - FTI en_US
dc.description.abstract Hotel Sparks Odeon merupakan salah satu hotel yang bersaing dalam industri perhotelan di Sukabumi, namun belum dapat mencapai target tingkat okupansi yang ditetapkan. Perlu dibuat paket penawaran yang sesuai preferensi konsumen agar Hotel Sparks Odeon menjadi pilihan konsumen untuk tinggal. Dilakukan wawancara kepada konsumen mengenai atribut apa yang menjadi pertimbangkan konsumen dalam memilih hotel serta kepada manajemen hotel untuk mengetahui atribut apa saja yang disediakan oleh hotel. Metode Choice-Based Conjoint adalah metode yang dapat digunakan untuk merancang paket penawaran karena dapat mengevaluasi atribut dan level hotel serta melakukan analisis secara agregat, sehingga diperoleh kombinasi atribut yang sesuai dengan preferensi konsumen. Atribut yang diperoleh kemudian diseleksi sesuai kriteria actionable, communicable, dan ada tidaknya level atribut tersebut sehingga diperoleh enam atribut yaitu jenis kamar, layanan breakfast, tarif hotel per malam, kapasitas kamar, brand hotel, dan desain spot foto. Dilakukan identifikasi level dari keenam atribut lalu dimasukkan ke dalam Discover CBC untuk perancangan kuesioner. Pada kuesioner, ditetapkan 1 buah fixed choice task, 11 choice task, dan 4 buah prohibitions. Kuesioner disebarkan secara online dan diisi oleh 265 responden. Kombinasi atribut yang paling disukai konsumen adalah jenis kamar deluxe, dengan breakfast, tarif Rp300.000- Rp400.000 per malam, kapasitas kamar 3 orang, brand hotel Sparks Odeon, dan desain spot foto minimalis. Model diuji validitasnya dan memiliki mean absolute error sebesar 5.3%. Namun, usulan kombinasi tidak dapat diterapkan pada kondisi real. Dilakukan beberapa penyesuaian dan perbandingan menggunakan Market Simulator sehingga diperoleh usulan kombinasi yang memiliki nilai utility yang tinggi dan dapat diterapkan. Usulan kombinasi atribut adalah jenis kamar superior, dengan breakfast, tarif Rp400.000- Rp500.000 per malam, kapasitas kamar 3 orang, brand hotel Sparks Odeon, dan desain spot foto minimalis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan kombinasi atribut Hotel Sparks Odeon dengan metode Choice-Based Conjoint en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610180
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account