Abstract:
Hotel Sparks Odeon merupakan salah satu hotel yang bersaing dalam industri
perhotelan di Sukabumi, namun belum dapat mencapai target tingkat okupansi yang
ditetapkan. Perlu dibuat paket penawaran yang sesuai preferensi konsumen agar Hotel
Sparks Odeon menjadi pilihan konsumen untuk tinggal. Dilakukan wawancara kepada
konsumen mengenai atribut apa yang menjadi pertimbangkan konsumen dalam memilih
hotel serta kepada manajemen hotel untuk mengetahui atribut apa saja yang disediakan
oleh hotel. Metode Choice-Based Conjoint adalah metode yang dapat digunakan untuk
merancang paket penawaran karena dapat mengevaluasi atribut dan level hotel serta
melakukan analisis secara agregat, sehingga diperoleh kombinasi atribut yang sesuai
dengan preferensi konsumen. Atribut yang diperoleh kemudian diseleksi sesuai kriteria
actionable, communicable, dan ada tidaknya level atribut tersebut sehingga diperoleh
enam atribut yaitu jenis kamar, layanan breakfast, tarif hotel per malam, kapasitas kamar,
brand hotel, dan desain spot foto. Dilakukan identifikasi level dari keenam atribut lalu
dimasukkan ke dalam Discover CBC untuk perancangan kuesioner. Pada kuesioner,
ditetapkan 1 buah fixed choice task, 11 choice task, dan 4 buah prohibitions. Kuesioner
disebarkan secara online dan diisi oleh 265 responden. Kombinasi atribut yang paling
disukai konsumen adalah jenis kamar deluxe, dengan breakfast, tarif Rp300.000-
Rp400.000 per malam, kapasitas kamar 3 orang, brand hotel Sparks Odeon, dan desain
spot foto minimalis. Model diuji validitasnya dan memiliki mean absolute error sebesar
5.3%. Namun, usulan kombinasi tidak dapat diterapkan pada kondisi real. Dilakukan
beberapa penyesuaian dan perbandingan menggunakan Market Simulator sehingga
diperoleh usulan kombinasi yang memiliki nilai utility yang tinggi dan dapat diterapkan.
Usulan kombinasi atribut adalah jenis kamar superior, dengan breakfast, tarif Rp400.000-
Rp500.000 per malam, kapasitas kamar 3 orang, brand hotel Sparks Odeon, dan desain
spot foto minimalis.