Abstract:
Penggunaan smartphone di Indonesia meningkat signifikan, menurut
perusahaan e-marketer Techinasia penggunaan smartphone di Indonesia meningkat
sejumlah 50,8 juta dari tahun 2015 hingga tahun 2018. Fakta ini membuat banyak
perusahaan yang membuka bisnis berbasis aplikasi. Salah satunya adalah Club Ala-Carte,
perusahaan ini membuat aplikasi dalam bisnis makanan. Club Ala-Carte menawarkan
produk berupa program keanggotaan untuk mendapatkan keuntungan buy-1-get-1 untuk
makanan dan 50% off pada merchant yang berkerja sama dengan Club Ala-Carte. Club
Ala-Carte berdiri pada tahun 2017 dan menjadi pelopor dalam bisnis seperti ini di
Indonesia. Pada November 2018 datang kompetitor baru di bisnis ini bernama Zomato
Gold. Produk yang ditawarkan Zomato Gold mirip dengan Club Ala-Carte. Club Ala-Carte
harus melihat perilaku pasar untuk mempertahankan bisnisnya.
Penelitian dilakukan dengan metode Choice-Based Conjoint analysis. Metode ini
dipilih karena merupakan metode paling popular dan tepat untuk mencari harga yang
diinginkan oleh pasar. Metode ini juga digunakan untuk mencari tahu share of preferences
konsumen terhadap seluruh produk yang ada di pasar. Atribut yang dirubah adalah harga
produk untuk melihat perubahan share of preferences konsumen. Sampel yang digunakan
sebanyak 300 responden yang berdomisili Jakarta dan merupakan pengguna atau peminat
produk serupa.
Perhitungan harga optimal dilakukan dengan keadaan dependen antar ketiga
produk. Usulan perubahan harga produk dari ketiga produk yang dimiliki Club Ala-Carte
berhasil meningkatkan estimasi total pendapatan menjadi Rp 11.852.905.882. Perubahan
harga yang dilakukan sebagai berikut: program keanggotaan Club Ala-Carte 12 Bulan dari
Rp 400.000 menjadi Rp 470.000; program keanggotaan Club Ala-Carte 6 Bulan dari Rp
250.000 menjadi Rp 350.000, program keanggotaan Club Ala-Carte 1 bulan dari Rp 50.000
menjadi Rp 200.000. Perubahan membuat kenaikan nilai estimasi total pendapatan
sebesar Rp 2.328.611.765. Total revenue didapatkan dari perhitungan estimasi market
size, share of preferences dan harga produk.