Optimasi harga untuk program keanggotaan Club Ala-Carte

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.advisor Susanto, Sani
dc.contributor.author Judianto, Gerardus Daniel
dc.date.accessioned 2020-02-04T04:45:26Z
dc.date.available 2020-02-04T04:45:26Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38636
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10028
dc.description 4888 - FTI en_US
dc.description.abstract Penggunaan smartphone di Indonesia meningkat signifikan, menurut perusahaan e-marketer Techinasia penggunaan smartphone di Indonesia meningkat sejumlah 50,8 juta dari tahun 2015 hingga tahun 2018. Fakta ini membuat banyak perusahaan yang membuka bisnis berbasis aplikasi. Salah satunya adalah Club Ala-Carte, perusahaan ini membuat aplikasi dalam bisnis makanan. Club Ala-Carte menawarkan produk berupa program keanggotaan untuk mendapatkan keuntungan buy-1-get-1 untuk makanan dan 50% off pada merchant yang berkerja sama dengan Club Ala-Carte. Club Ala-Carte berdiri pada tahun 2017 dan menjadi pelopor dalam bisnis seperti ini di Indonesia. Pada November 2018 datang kompetitor baru di bisnis ini bernama Zomato Gold. Produk yang ditawarkan Zomato Gold mirip dengan Club Ala-Carte. Club Ala-Carte harus melihat perilaku pasar untuk mempertahankan bisnisnya. Penelitian dilakukan dengan metode Choice-Based Conjoint analysis. Metode ini dipilih karena merupakan metode paling popular dan tepat untuk mencari harga yang diinginkan oleh pasar. Metode ini juga digunakan untuk mencari tahu share of preferences konsumen terhadap seluruh produk yang ada di pasar. Atribut yang dirubah adalah harga produk untuk melihat perubahan share of preferences konsumen. Sampel yang digunakan sebanyak 300 responden yang berdomisili Jakarta dan merupakan pengguna atau peminat produk serupa. Perhitungan harga optimal dilakukan dengan keadaan dependen antar ketiga produk. Usulan perubahan harga produk dari ketiga produk yang dimiliki Club Ala-Carte berhasil meningkatkan estimasi total pendapatan menjadi Rp 11.852.905.882. Perubahan harga yang dilakukan sebagai berikut: program keanggotaan Club Ala-Carte 12 Bulan dari Rp 400.000 menjadi Rp 470.000; program keanggotaan Club Ala-Carte 6 Bulan dari Rp 250.000 menjadi Rp 350.000, program keanggotaan Club Ala-Carte 1 bulan dari Rp 50.000 menjadi Rp 200.000. Perubahan membuat kenaikan nilai estimasi total pendapatan sebesar Rp 2.328.611.765. Total revenue didapatkan dari perhitungan estimasi market size, share of preferences dan harga produk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Optimasi harga untuk program keanggotaan Club Ala-Carte en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610177
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427066101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account