Optimasi diferensiasi harga layanan transportasi Shuttle Bus XYZ

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.advisor Siswanto, Daniel
dc.contributor.author Hong, Albert
dc.date.accessioned 2020-02-04T04:22:40Z
dc.date.available 2020-02-04T04:22:40Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38628
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10025
dc.description 4880 - FTI en_US
dc.description.abstract Shuttle bus XYZ merupakan layanan transportasi penyedia jasa shuttle bus yang berorientasi pool to pool. Untuk dapat mengoperasionalkan layanan jasa secara berkelanjutan, diperlukan perolehan pendapatan sebaik mungkin. Ukuran perolehan pendapatan tidak terlepas dari besaran tarif yang ditetapkan. Oleh karena hal tersebut, perlakuan strategi diferensiasi harga mampu memberikan peningkatan pendapatan hingga tahap optimal. Selain dari pendapatan, tolak ukur dari strategi diferensiasi harga adalah total kontribusi yang selaras dengan perolehan pendapatan. Penelitian ini berfokus pada optimasi diferensiasi harga yang memaksimalkan total kontribusi dari suatu rute perjalanan shuttle bus XYZ. Dalam optimasi diferensiasi harga, terdapat beberapa tahapan pengolahan yang diantaranya penentuan preferensi konsumen terhadap layanan transportasi. Penentuan tarif optimal didasarkan pada besaran preferensi konsumen dan perubahan preferensi konsumen terhadap harga yang berbeda. Perolehan preferensi konsumen dilakukan dengan metode choice-based conjoint analysis. Adapun batasan kapasitas yang dimiliki shuttle bus XYZ, sehingga dilakukan alokasi kapasitas yang berorientasi pada metode expected marginal seat revenue-b. Perolehan total kontribusi dalam diferensiasi harga menggangap seluruh permintaan dapat diperhitungkan tanpa adanya batasan kapasitas. Oleh karena keadaan tersebut yang sulit diterapkan, dilakukan pembatasan kapasitas shuttle bus. Dihasilkan strategi diferensiasi harga dengan perolehan 7 kelas harga dengan variasi produk yang berbeda-beda. Strategi tersebut mampu menarik sebagian potensi pasar untuk memilih layanan transportasi shuttle bus XYZ, sehingga perolehan pendapatan yang sangat meningkat. Perolehan pendapatan yang mencakup seluruh permintaan akan dibatasi dengan sejumlah kapasitas pada saat ini. Dalam keadaan adanya kapasitas dan perlakuan diferensiasi harga, model usulan mampu memberikan peningkatan pendapatan sebesar 26,12% dari keadaan awal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Optimasi diferensiasi harga layanan transportasi Shuttle Bus XYZ en_US
dc.type Final Reports (Diploma) en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610169
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425057601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account