Abstract:
Berkembangnya teknologi komunikasi belum bentu berbanding lurus
dengan bekembangnya kehidupan sosial masyarakat. Terbukti bahwa masyarakat
saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya pada konten-konten hiburan atau
entertainment, sementara banyak sekali hal ataupun aktivitas yang dapat
dilakukannya pada waktu senggang yang dimilikinya. Setelah dilakukan penelitian
pendahuluan, diketahui bahwa user seringkali membuka konten entertainment
karena adanya waktu luang yang mereka miliki, akan tetapi tidak tahu ragam
aktivitas yang dapat dilakukan pada waktu tersebut. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, dirancangkan sebuah aplikasi yang dapat meningkatkan
produktivitas dan kreativitas dari user.
Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan
identifikasi kebutuhan dan didapatkan 65 kebutuhan dari hasil wawancara.
Kebutuhan tersebut dikelompokkan menjadi 9 buah primary needs, lalu dilakukan
pembobotan atas kebutuhan tersebut. Pada tahap berikutnya, dilakukan concept
generation menggunakan metode design workshop dan menghasilkan 4 buah
alternatif konsep. Konsep-konsep tersebut diseleksi menggunakan utility function
method sehingga didapatkan 1 buah alternatif konsep terpilih yang disempurnakan
dengan metode SCAMPER dan menjadi final concept. Berikutnya, dibuat sebuah
high fidelity prototype berdasarkan final concept tersebut. Pada tahap ini, bentuk
akhir dari rancangan aplikasi telah selesai dibuat.
Usability testing dengan 5 kriteria dilakukan untuk mengetahui kelebihan
dan kekurangan dari prototype ini. Kriteria effectiveness mendapatkan nilai
92,05%, dan kriteria efficiency mendapatkan nilai 82,95%, dimana telah
melampaui nilai minimum untuk memiliki predikat nilai baik yaitu 70%. Kriteria
satisfaction, usefulness, dan learnability memiliki nilai 3,81, 4,13, dan 3,83 dengan
ketentuan minimum adalah 3,4. Secara keseluruhan prototype telah dinilai
memiliki predikat baik. Perbaikan dilakukan atas prototype berdasarkan hasil
evaluasi dan wawancara. Rancangan dari aplikasi untuk mengembangkan
kreativitas dan produktivitas ini akan dinamakan Creame.