Perancangan kemasan mainan Candy Drop dengan metode Kansei Engineering dan evaluasi Product Emotions

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Hermawan, Christopher Cordatus Benedicendi
dc.date.accessioned 2020-02-04T04:11:37Z
dc.date.available 2020-02-04T04:11:37Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38711
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10021
dc.description 4963 - FTI en_US
dc.description.abstract Dunia perindustrian terus mengalami perubahan dan perkembangan setiap waktunya. Produk yang ditawarkan pun kini sudah sangat beragam. Baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar bersaing untuk meningkatkan penjualan produk masingmasing, termasuk produk mainan. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi hal tersebut adalah kemasan produk yang merupakan identitas dari produk tersebut dan hal yang pertama dilihat oleh konsumen. Kemasan yang sesuai dapat memberikan emosi tertentu sehingga menarik konsumen. Saat ini, produk mainan hasil pengembangan dari Praktikum Perancangan Produk yaitu Candy Drop, belum memiliki kemasan. Oleh sebab itu, dibutuhkan rancangan kemasan sehingga dapat membantu bersaing dengan produk mainan lainnya pada rak peraga di toko. Hubungan emosional yang menimbulkan ketertarikan akan sebuah produk ini perlu diidentifikasi untuk menghasilkan rancangan kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu, perancangan kemasan ini menggunakan metode Kansei Engineering dan evaluasi Product Emotions. Teridentifikasi 16 kebutuhan dasar dan 91 kata kansei dari studi literatur dan wawancara. Hasil pengelompokan kata kansei dengan diagram afinitas menghasilkan 12 kelompok kata Kansei, yaitu menarik, unik, ramah lingkungan, tahan lama, informatif, praktis, colourful, fun, simple, aman, jelas, dan ilustratif. Kemudian disebarkan kuesioner Semantic Differential dengan skala 5 nilai dalam penilaiannya terhadap tiga sampel kemasan yang ada. Hasil penyebaran kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan metode Principal Component Analysis. Hasilnya setelah dilakukan interpretasi faktor, bahwa nilai rata-rata tertinggi untuk kelompok “Estetika dan Ketahanan Desain” dan “Kejelasan Informasi” dimiliki sampel kemasan Pie Face. Sedangkan untuk kelompok “Keamanan Desain dan Kemudahan Penggunaan” dan “Ramah Lingkungan” dimiliki oleh sampel kemasan Uno Stacko. Seluruh hasil pengolahan data digunakan sebagai dasar perancangan kemasan. Tahap lebih lanjut adalah proses sintesis serta perancangan usulan yang dilakukan bersama ahli yang menghasilkan dua alternatif rancangan kemasan. Evaluasi dilakukan terhadap dua rancangan tersebut menggunakan usability testing, metode Kansei Engineering, dan PrEmo2 untuk memilih alternatif mana yang terbaik. Terpilihlah rancangan kemasan alternatif 2 dengan nilai rata-rata penilaian tertinggi untuk kuesioner kata kansei sebesar 4,16 dengan nilai emosi positif rata-rata tertinggi sebesar 3,16. Selain itu hasil usability testing untuk kemasan alternatif 2 menunjukkan bahwa kemasan sudah baik dengan rata-rata persentase keberhasilan dari task scenario sebesar 94% dan ratarata penilaian System Usability Scale (SUS) sebesar 80,3. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan kemasan mainan Candy Drop dengan metode Kansei Engineering dan evaluasi Product Emotions en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610167
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account