Usulan perbaikan kualitas layanan Hotel Rumahtawa berdasarkan Improvement Gap Analysis dan Lodging Quality Index

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Prawidyo, Audy
dc.date.accessioned 2020-02-04T04:01:16Z
dc.date.available 2020-02-04T04:01:16Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38650
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10019
dc.description 4902 - FTI en_US
dc.description.abstract Hotel Rumahtawa merupakan sebuah hotel melati didirikan di lokasi yang strategis dan berlokasi dekat dengan sejumlah daerah penting di Kota Bandung. Namun, sejak didirikan Hotel Rumahtawa belum mampu mencapai target okupansi yang telah ditetapkan secara konsisten. Terdapat 3 permasalahan yang terjadi di Hotel Rumahtawa, yaitu kurangnya perubahan terhadap hotel sejak didirikan, adanya masalah kepegawaian, serta kurangnya kerjasama dengan pihak OTA. Proses wawancara dengan tamu menunjukkan terdapat sejumlah masalah kualitas layanan Hotel Rumahtawa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan Hotel Rumahtawa. Kegiatan penelitian yang dilakukan menggunakan 24 buah atribut yang didapatkan dari instrumen LQI. Penyaringan atribut dari instrumen LQI dilakukan dengan wawancara terhadap narasumber yang berkompeten. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner yang menghasilkan 107 data yang dapat digunakan untuk diolah lebih lanjut menggunakan metode IGA. Pemetaan 24 buah atribut ke dalam matriks IGA menghasilkan 10 atribut yang perlu diperhatikan lebih jauh. 10 atribut tersebut meliputi tampilan dan perawatan hotel, kebersihan hotel, invoice hotel, kondisi frontdesk, penerangan hotel, kualitas room service, dan keamanan lingkungan. Berdasarkan atribut yang perlu diperbaiki, dibuatlah 16 buah usulan bagi Hotel Rumahtawa. 14 buah usulan yang diberikan diterima oleh pihak Hotel Rumahtawa, sementara 2 buah usulan ditolak. 2 buah usulan yang ditolak kemudian dianalisis lebih lanjut dan diperbaiki. Kedua usulan perbaikan yang diajukan kemudian diterima oleh pemilik Hotel Rumahtawa. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan kualitas layanan Hotel Rumahtawa berdasarkan Improvement Gap Analysis dan Lodging Quality Index en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610164
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account