Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan X Coffee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Putri, Elisabeth Elsa Gunawan
dc.date.accessioned 2020-02-04T03:52:34Z
dc.date.available 2020-02-04T03:52:34Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38649
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10018
dc.description 4901 - FTI en_US
dc.description.abstract Kota Bandung merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, dimana terdapat banyak tempat wisata, perkantoran, sekolah dan universitas. Hal ini menyebabkan banyak tempat usaha yang berdiri di Bandung, salah satunya kedai kopi. X Coffee merupakan sebuah kedai kopi di Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015, namun belum mencapai target penjualan yang diinginkan, dan masih sering terjadi penurunan penjualan setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat masalah di X Coffee. Berdasarkan ulasan pada situs kuliner dan hasil wawancara dengan pelanggan X Coffee, ternyata masih terdapat banyak keluhan dari pelanggan terhadap X Coffee yang menyebabkan tingkat kepuasan pelanggan masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan X Coffee, dan usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan X Coffee. Pengolahan data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan model penelitian yang dilakukan oleh Won Sok Lee, JoonHo Moon dan Myungkeun Song (2018) yaitu menguji pengaruh suasana, sikap pelayan, layanan internet dan kualitas kopi terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hal-hal yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu suasana, layanan internet dan kualitas kopi. Hasil pengolahan data juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, maka diberikan usulan perbaikan pada X Coffee. Total terdapat 24 usulan perbaikan untuk meningkatkan performansi X Coffee dalam hal suasana, kualitas kopi dan layanan internet yang dibagi ke dalam 5 kategori yaitu mengganti atau menambah fasilitas fisik, menambah dan memperjelas jobdesc pegawai,memberi pelatihan bagi pegawai, melakukan pengendalian posisi dan variasi kopi dan melakukan pemeriksaan rutin, dengan harapan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan X Coffee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610166
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account