Abstract:
CV Cullindo merupakan salah satu perusahaan baru yang menyediakan
alat
traktor atau dapat disebut sebagai distributor traktor. Perusahaan
menjual produk dengan
merk baru yang belum ada dipasaran. Perusahaan memiliki permasalahan
dalam
menjalankan usahanya yaitu terjadinya stagnasi penjualan perusahaan.
Penyebab
terjadinya stagnasi pada penjualan perusahaan disebabkan yaitu
susahnya customer
traktor untuk percaya dan beralih kepada merk baru, banyaknya produk
kompetitor
dipasaran, ketidaktahuan pengguna traktor terhadap produk CV
Cullindo, customer yang
mengetahui produk perusahaan namun tidak mengetahui keunggulan
produk tersebut
karena kurangnya ide-ide baru dan inovasi yang dilakukan bagian
pemasaran dari CV
Cullindo. Perancangan strategi-strategi baru yang harus dilakukan
perusahaan untuk
meningkatkan penjualan produk mereka.
Perancangan usulan strategi pemasaran yang akan dilakukan
menggunakan
beberapa tools dalam pembentukan usulan strateginya. Identifikasi
serta analisis faktor
Internal eksternal untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman
yang dihadapi perusahaan. Five Force’s Porter untuk identifikasi
keadaan pasar. Matriks
Internal-Eksternal untuk mendapatkan strategi yang sesuai, Matriks
QSPM untuk
mengevaluasi strategi terpilih, dan Matriks TOWS untuk merancang
usulan strategi. Tools
yang digunakan mampu membantu perusahaan dalam menyusun strategi
yang sesuai
dengan kondisi perusahaan. Perusahaan juga melakukan penyusunan STP
(Segmenting,
Targeting, dan Positioning). STP dilakukan untuk mengetahui pasar
yang sesuai dan akan
dituju oleh perusahaan. Setelah menyusun STP, akan disusun strategi
dengan
menggunakan Marketing Mix (4P+4C) yang mempertimbangkan beberapa
faktor dalam
penjualan dari sudut pandang perusahaan dan juga sudut pandang
konsumen
Setelah melakukan penelitian, kesimpulannya bahwa Segmentasi
perusahaan
adalah petani sawah, ladang, kebun dan tambak. Targeting adalah
petani sawah,ladang,
dan kebun. Positioning perusahaan akan menempatkan diri di pasar
sebagai perusahaan
penyedia alat traktor yang dapat digunakan sebagai fungsi lain yaitu
alat pompa air,
sprayer dan generator. Alternatif strategi beberapa diantaranya
adalah memberikan
demonstrasi secara gratis dan menyediakan transaksi tukar tambah