Abstract:
Perkembangan teknologi dalam penggunaan smartphone berkembang dengan sangat pesat pada era globalisasi ini. Teknologi tersebut dimanfaatkan dalam berbagai sistem berupa aplikasi mobile, salah satunya adalah sistem pemesanan tiket pesawat. Batik Air merupakan salah satu maskapai penerbangan kelas full service yang mengutamakan pelayanan bagi pelanggannya. Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, Batik Air menyediakan aplikasi mobile smartphone bagi pelanggannya untuk memudahkan dalam melakukan pemesanan tiket pesawat. Namun rancangan dan pengembangan dari aplikasi mobile Batik Air saat ini masih belum dilakukan dengan maksimal, terutama dari aspek user experience dan aspek usability.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan aspek user experience beserta aspek usability dengan melakukan evaluasi dan perancangan ulang pada aplikasi mobile Batik Air. Penelitian menggunakan tahapan siklus desain interaksi dengan melakukan evaluasi awal berdasarkan aspek usability dan user experience, serta wawancara untuk mengindentifikasi kebutuhan pengguna. Pengukuran aspek usability dilakukan dengan menggunakan skenario tugas untuk mengukur tingkat effectiveness dan efficiency. Sementara aspek user experience diukur menggunakan kuesioner AttrakDiff yang meliputi atribut pragmatic quality (PQ), hedonic quality-identification (HQ), hedonic quality-stimulation (HQ), dan attractiveness (ATT). Tahap perancangan melibatkan pengguna untuk menghasilkan konsep desain alternatif menggunakan metode desain partisipatif. Berdasarkan konsep desain yang terpilih dibuat suatu high-fidelity prototype untuk dapat dilakukan evaluasi akhir.
Hasil pengolahan data pada evaluasi awal menunjukan tingkat usability yang masih rendah dari tingkat effectiveness dan efficiency aplikasi mobile Batik Air saat ini. Hasil pengolahan data kuesioner AttrakDiff juga menunjukan nilai rata-rata dari seluruh atribut juga masih rendah. Namun setelah dilakukan evaluasi akhir pada high-fidelity prototype aplikasi mobile Batik Air, mayoritas diperoleh tingkat usability sebesar 100% untuk setiap tugas dan nilai rata-rata seluruh atribut pada kuesioner AttrakDiff juga berada pada nilai positif.