Abstract:
Cafe X merupakan cafe yang menawarkan berbagai macam makanan dan
minuman dengan suasana yang modern dan nyaman untuk bercengkrama. Berdasarkan
data penjualan yang diperoleh dari pemilik cafe, total penjualan Cafe X cenderung
rendah dan belum mencapai target penjualan. Berdasarkan hasil wawancara dengan
responden, penyebab total penjualan menurun dan belum mencapai target ini adalah
karena tingkat loyalitas pelanggan yang rendah. Pemilik Cafe X masih belum mengetahui
metode untuk bisa mempertahankan pelanggan lama. Upaya-upaya yang dilakukan oleh
Cafe X masih dianggap kurang untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini akibat
kurangnya pengetahuan dan pengalaman dari pemilik cafe serta pemilik cafe tidak
mengetahui keinginan pelanggan sehingga metode yang diterapkan tidak sesuai dengan
harapan pelanggan.
Guna mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan di
Cafe X maka dilakukan observasi langsung, studi literatur, dan wawancara. Studi literatur
dilakukan untuk mencari teori-teori terkait dengan loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu,
didapatkan faktor-faktor yang diduga mempengaruhi loyalitas pelanggan di Cafe X.
Faktor-faktor tersebut adalah faktor kualitas jasa, kualitas makanan, harga, dan
kepuasan pelanggan. Selanjutnya dilakukan penyusunan kuesioner berdasarkan atribut
penelitian yang diperoleh dari faktor tersebut. Penyebaran kuesioner dilakukan secara
langsung di Cafe X dengan bantuan scan barcode. Total responden yang diperoleh
sebanyak 143 responden. Selanjutnya data hasil kuesioner tersebut diolah dengan
menggunakan metode PLS. Evaluasi model PLS terdapat dua cara yaitu evaluasi model
pengukuran dan evaluasi model struktural.
Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel kualitas jasa, kualitas makanan,
dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, variabel kualitas
jasa juga memiliki pengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Namun,
apabila dilihat dari total effect diperoleh hasil bahwa variabel kualitas jasa, kualitas
makanan, harga dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas pelanggan di Cafe X. Kemudian, usulan perbaikan yang diberikan terkait dengan
pengadaan training, pengadaan prosedur, penambahan fitur cafe, pengaturan kualitas
makanan, dan pengaturan harga. Seluruh usulan tersebut sudah disetujui oleh pihak
cafe.