Abstract:
PD Sinar Anugrah merupakan salah satu perusahaan di kota Bandung yang bergerak di industri plastik. Pemilik perusahaan dibantu oleh wakil direktur, seorang staf administrasi, dan seorang supervisor produksi untuk menjalankan manajemen perusahaan. Dalam menjalankan proses bisnis saat ini terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh perusahaan seperti tidak adanya informasi stock barang dan bahan baku, kesalahan pengiriman, kesalahan pemberian harga, kesulitan mencari bon piutang dan utang, serta informasi yang tidak tersampaikan dengan baik. Masalah-masalah tersebut menyebabkan perusahan mengalami kerugian dalam segi finansial dan juga merusak
kredibilitas perusahaan. Permasalahan tersebut timbul dikarenakan belum adanya sistem informasi yang dapat menunjang proses bisnis perusahaan.
Dalam mengatasi masalah tersebut maka akan dirancang sistem informasi
dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC terdiri dari empat tahapan yang harus dilakukan yaitu tahap perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi. Pada tahapan perencanaan dilakukan identifikasi
masalah proses bisnis saat ini. Selanjutnya akan ditentukan kebutuhan informasi dan
kriteria performansi sistem pada tahapan analisis. Pada tahapan perancangan akan diberikan usulan proses bisnis, pembuatan Data Flow Diagram (DFD), dan CRUD Matrix,
analisis kebutuhan data, dan normalisasi data. Dalam tahapan implementasi akan dibuat prototype software sistem informasi usulan dengan menggunakan software iDempiere dan pembuatan SOP untuk aktivitas yang membutuhkan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah usulan perbaikan proses bisnis yang menjadi dasar perancangan sistem informasi. Racangan sistem informasi yang dibuat terdiri dari DFD, CRUD Matrix, basis data, dan prototype software.