Usulan perbaikan kepuasan pelanggan di Andis Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.author Glory, Timothy Joseph Shekinah
dc.date.accessioned 2020-01-30T04:02:58Z
dc.date.available 2020-01-30T04:02:58Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38723
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9950
dc.description 4975 - FTI
dc.description.abstract Seiring dengan berjalannya waktu, industri jasa transportasi semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu industri jasa yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan adalah Andis Travel yang menjadi objek penelitian kali ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Andis Travel mengalami penurunan jumlah penumpang. Hal ini dibuktikan dengan melakukan wawancara dengan penumpang Andis Travel yang menunjukkan berbagai keluhan dari segi layanan dan transportasi. Keluhan tersebut menunjukkan bahwa terdapat ketidakpuasan pada penumpang Andis Travel. Metode untuk mengidentifikasi atribut menggunakan metode IGA (Improvement Gap Analysis). Penentuan atribut pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dengan metode CIT sehingga dihasilkan 15 atribut, yaitu kebersihan interior, kesesuaian tempat duduk, informasi penjemputan, kemampuan mengemudi, fasilitas di dalam travel, inisiatif karyawan untuk menolong, perhatian sopir terhadap keselamatan penumpang, keamanan bagasi, kemampuan karyawan menyelesaikan masalah, kesesuaian waktu keberangkatan, kesesuaian waktu penjemputan, penampilan karyawan, keterawatan kendaraan, keinginan karyawan membantu penumpang, dan pengetahuan sopir terhadap rute perjalanan. Kemudian dilakukan pemetaan matriks IGA untuk seluruh atribut. Berdasarkan pemetaan pada matriks IGA usulan perbaikan diprioritaskan pada kuadran I sejumlah enam atribut, yaitu atribut kebersihan interior kendaraan, kemampuan mengemudi sopir, fasilitas di dalam travel, perhatian sopir terhadap keselamatan penumpang, kesesuaian waktu keberangkatan, dan pengetahuan sopir terhadap rute perjalanan. Terdapat 16 usulan perbaikan yang diusulkan kepada perusahaan untuk memperbaiki atribut terkait demi meningkatkan kualitas pelayanan pada Andis Travel, diantaranya adalah penyediaan tempat sampah di dalam mobil, melakukan perawatan kendaraan secara berkala, dan pemberian kontak untuk keluhan dan saran. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan kepuasan pelanggan di Andis Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404078703
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account