Abstract:
Perusahaan X memiliki tiga bisnis yang berbeda yaitu sebagai retail sepeda motor merek Benelli, retail sepeda motor merek Nozomi, dan bengkel sepeda motor. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah target yang ditetapkan tidak tercapai. Penyebab bisnis retail sepeda motor merek Benelli dan Nozomi tidak tercapai karena perusahaan menjual produk dengan jenis yang berbeda pada satu tempat yang sama dan kurangnya pengetahuan konsumen terhadap kedua merek tersebut. Penyebab bisnis bengkel sepeda motor tidak tercapai karena kurangnya pengetahuan konsumen terhadap bengkel. Perusahaan X juga belum pernah merancang strategi pemasaran untuk masing-masing bisnis, maka diperlukan perancangan strategi pemasaran untuk masing-masing bisnis.
Perancangan usulan strategi pemasaran yang akan dilakukan menggunakan beberapa tools dalam perancangan strateginya. Identifikasi serta analisis faktor Internal eksternal untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Five Force’s Porter untuk identifikasi kekuatan pasar. Matriks Internal-Eksternal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan posisi perusahaan saat ini dan strategi apa yang sesuai untuk posisi perusahaan saat ini, QSPM (Qualitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukkan strategi yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan, dan Matriks TOWS untuk merancang usulan strategi. Perancangan Marketing Mix (7P) dengan mempertimbangkan strategi yang didapat dari matriks TOWS untuk menentukkan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan.
Setelah melakukan penelitian, kesimpulannya bahwa usulan dilakukan pada ketiga bisnis yang ada di perusahaan X. Usulan dilakukan dengan strategi market penetration, sehingga didapatkan usulan strategi pemasaran untuk sepeda motor Benelli adalah melakukan edukasi mengenai sepeda motor merek Benelli, membuat komunitas, memperbaiki promosi, dan melakukan endorse ke artis pengguna motor klasik. Usulan strategi pemasaran untuk sepeda motor merek Nozomi adalah bekerja sama dengan pemerintah untuk mengangkut sampah, bekerja sama dengan usaha catering untuk mengantar makanan, melakukan promosi motor niaga dengan kualitas baik, dan mencari sales yang punya pengetahuan mengenai motor niaga. Usulan strategi pemasaran untuk bengkel sepeda motor adalah melakukan kerja sama dengan ojek online dan melakukan promosi yang tepat.