Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Belgia sebagai negara melakukan kebijakannya terkait adanya praktik transaksi mikro dalam industri video game yang diproduksi dan didistribusi oleh perusahaan Electronic Arts (EA). Penulis akan memaparkan terlebih dahulu perkembangan industri video game di Belgia serta bagaimana model bisnis transaksi mikro ini muncul dan penjelasan terkait model ini. Sebagai pendekatan untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, penulis akan menggunakan teori turunan dari liberalisme ekonomi yaitu Heterodox Interventionist Liberals sebagai pendekatan utama untuk menganalisis peran Belgia dalam menghadapi model bisnis ini. Beberapa pendekatan tambahan yaitu konsep pemerintah, bisnis, dan masyarakat untuk menjelaskan bagaimana hubungan dari tiga komponen utama dalam interaksi ekonomi berjalan dan sebagai faktor utama adanya masalah. Pemaparan mengenai analisis juga akan didukung oleh beberapa data terkait konsumen video game itu sendiri. Analisis akan berujung pada temuan penelitian pada motivasi serta proses pembuatan kebijakan oleh pemerintah negara Belgia pada komoditas yang populer di abad 21 ini.