Abstract:
Efisiensi lateral suatu kelompok tiang menjadi isu yang krusial ketika menghadapi
beban lateral yang besar. Efisiensi lateral suatu kelompok tiang pada umumnya
diambil satu nilai generalisasi atau kombinasi efisiensi dari baris-baris di
konfigurasi tersebut. FHWA (2010) mengutip Brown et al. (2001), menyatakan
baris pertama dari suatu kelompok tiang (terjauh dari arah datangnya beban)
memberikan efisiensi terbesar dan yang terkecil terletak pada baris paling belakang
(terdekat dengan arah datangnya beban). Namun, hasil pengujian pembebanan
lateral yang dilakukan oleh Kawanda (2019) menunjukkan pola yang berbeda.
Penelitian ini akan mengkaji efisiensi lateral berdasarkan data pengukuran defleksi
dari instrumentasi inklinometer. Kajian dilakukan dengan memodelkan kelompok
tiang pada program elemen hingga tiga dimensi yang diverifikasi terhadap hasil
pengukuran lapangan, dengan hasil akhir berupa kurva hubungan defleksi terhadap
beban. Hasil kajian menunjukkan tiang pada baris paling belakang memberikan
nilai efisiensi yang terbesar dibandingkan dengan baris-baris lainnya. Selain itu
dibandingkan pula hubungan efisiensi kelompok tiang dan tiang tunggal dimana
pada beban kecil (<18 ton), efisiensi kelompok tiang adalah 0.8-0.99 dan 1.01-1.1
untuk beban besar (>18 ton). Sehingga dapat disimpulkan bahwa efisiensi lateral
kelompok tiang secara keseluruhan mendekati 1.0 dibandingkan dengan tiang
tunggal pada beban yang sama.