dc.description.abstract |
Ikan Koi atau nishikigoi merupakan jenis ikan hias air tawar yang diminati banyak orang dan memiliki nilai jual yang tinggi, baik dalam pasar nasional maupun internasional. Di Jasa Mekar Aquarium sendiri penjualan terbesar dari toko tersebut adalah ikan koi. Penjualan tersebut secara tidak langsung dipengaruhi oleh keberadaan komunitas Cianjur Nishikigoi Club (CNC). Untuk itu, penulis mengambil judul penelitian ini adalah “Pengaruh Komunitas Ikan Koi terhadap Loyalitas Pelanggan di Jasa Mekar Aquarium (Studi Kasus Komunitas Cianjur Nishikigoi Club).
Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanatori. Peneliti akan menggunakan metode kuisioner untuk mencari informasi dan data yang diperlukan mengenai pengaruh komunitas Cianjur Nishikigoi Club terhadap Loyalitas Pelanggan di Jasa Mekar Aquarium Cianjur. Berdasarkan data yang didapat peminat ikan koi yang tergabung dalam komunitas Cianjur Nishikigoi Club sebanyak 78 orang. Data diambil dari 70 orang. Untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling.
Untuk pengaruh antara brand community secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, dengan demikian tolak Ho dan terima H1 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand community terhadap loyalitas pelanggan secara simultan. Dan terdapat pengaruh dimensi legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota, dan membantu dalam penggunaan merek secara parsial terhadap loyalitas pelanggan.
Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada Komunitas Cianjur Nishikigoi Club di Jasa Mekar Aquarium untuk dapat terus mempertahankan brand community yang saat ini sudah ada dan diharapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di kemudian hari. |
en_US |