Pengaruh komunitas ikan koi terhadap loyalitas pelanggan di Jasa Mekar Aquarium Cianjur : studi kasus Komunitas Cianjur Nishikigoi Club

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Setiawan, Liliana
dc.date.accessioned 2019-11-26T07:40:00Z
dc.date.available 2019-11-26T07:40:00Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38402
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9687
dc.description 8772 - FISIP en_US
dc.description.abstract Ikan Koi atau nishikigoi merupakan jenis ikan hias air tawar yang diminati banyak orang dan memiliki nilai jual yang tinggi, baik dalam pasar nasional maupun internasional. Di Jasa Mekar Aquarium sendiri penjualan terbesar dari toko tersebut adalah ikan koi. Penjualan tersebut secara tidak langsung dipengaruhi oleh keberadaan komunitas Cianjur Nishikigoi Club (CNC). Untuk itu, penulis mengambil judul penelitian ini adalah “Pengaruh Komunitas Ikan Koi terhadap Loyalitas Pelanggan di Jasa Mekar Aquarium (Studi Kasus Komunitas Cianjur Nishikigoi Club). Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanatori. Peneliti akan menggunakan metode kuisioner untuk mencari informasi dan data yang diperlukan mengenai pengaruh komunitas Cianjur Nishikigoi Club terhadap Loyalitas Pelanggan di Jasa Mekar Aquarium Cianjur. Berdasarkan data yang didapat peminat ikan koi yang tergabung dalam komunitas Cianjur Nishikigoi Club sebanyak 78 orang. Data diambil dari 70 orang. Untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk pengaruh antara brand community secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, dengan demikian tolak Ho dan terima H1 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand community terhadap loyalitas pelanggan secara simultan. Dan terdapat pengaruh dimensi legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota, dan membantu dalam penggunaan merek secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada Komunitas Cianjur Nishikigoi Club di Jasa Mekar Aquarium untuk dapat terus mempertahankan brand community yang saat ini sudah ada dan diharapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di kemudian hari. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Brand Community en_US
dc.subject Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title Pengaruh komunitas ikan koi terhadap loyalitas pelanggan di Jasa Mekar Aquarium Cianjur : studi kasus Komunitas Cianjur Nishikigoi Club en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320011
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account