dc.description.abstract |
Pencemaran yang diakibatkan oleh limbah plastik terus bertambah setiap
tahunnya. 10% dari sampah dunia merupakan sampah plastik dan Indonesia
merupakan negara penyumbang sampah plastik terbanyak keuda di dunia setelah
Tiongkok (Prasetiawan, 2018). Menanggapi limbah plastik yang semakin
meningkat, terdapat beberapa tindakan yang dilakukan oleh berbagai macam
sektor. Beberapa restoran juga telah mengurangi penggunaan sedotan plastik.
Selain itu juga terdapat beberapa kampanye yang dilakukan dalam bentuk poster,
Instagram posting, atau video viral yang menunjukkan keprihatinan atas masalah
yang disebabkan oleh sampah plastik. Kesadaran ini diharapkan akan
meningkatan minat dalam menggunakan produk alternatif dari sedotan plastik.
Salah satu produk alternatif yang tersedia di pasar adalah sedotan stainless. Dari
ilustrasi tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Customer
Environmental Awareness terhadap minat beli Sedotan Stainless.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory
dengan desain penelitian kuantitatif. Tenik pengambilan sampel yang digunakan
peniliti adalah Purposive Sampling dimana responden harus memenuhi kriteria
khusus. Jumlah besaran sampel yang digunakan sebesar 100 orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan
dari customer environmental awareness terhadap minat beli sedotan stainless
sebesar 31,1%. Dimensi Green Product (sedotan plastik) pada variable customer
environmental awareness memiliki skor tertinggi sebesar 90,20%, yang berarti
responden mengetahui dengan sangat baik dampak negatif dari sedotan plastik.
Sedangkan skor tertinggi dari variabel minat beli berada pada dimensi minat
preferensial yaitu sebesar 83,90%, dimana responden lebih memeilih untuk
memakai sedotan stainless daripada sedotan plastik.
Perusahaan di industri kuliner harus berhenti menggunakan seodtan plastik
dan beralih ke sedotan yang dapat digunakan berulang seperti sedotan stainless.
Manfaat menggunakan stainless juga harus disebarluaskan, begitu juga dengan
harga sedotan stainless yang telah dijual dengan harga lebih murah dari biasanya. |
en_US |