Analisis strategi penetrasi pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Sarang Burung Walet Authentic Bird Nest di Jambi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Widjaya, Florence Tantri
dc.date.accessioned 2019-11-26T05:37:16Z
dc.date.available 2019-11-26T05:37:16Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38485
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9662
dc.description 8855 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dewasa ini jumlah permintaan sarang burung walet Indonesia semakin meningkat, hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengusaha sarang burung walet di Jambi. Banyaknya konsumen yang membutuhkan sarang burung walet juga meningkatkan permintaan sarang burung walet. Adanya hubungan dan kerjasama Indonesia China dalam ekspor sarang burung walet menjadi salah satu penyebab meningkatnya persaing dalam bisnis ini. Hal ini menuntut pengusaha untuk merencanakan dan melakukan strategi sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi bersaing perusahaannya. Dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menyampaikan Analisis Strategi Penetrasi Pasar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhi Bisnis Sarang Burung Walet Authentic Bird Nest di Jambi. Hal ini dilakukan sehingga dapat mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan perusahaan untuk mempertahankan perusahaannya. Untuk mengetahui strategi yang sesuai dengan Authentic Bird Nest, peneliti akan berusaha menganalisis lingkungan eksternal yaitu dengan analisis PESTEL dan Five Forces serta analisis internal perusahaan. Analisis dilakukan sehingga peneliti mengetahui dan dapat memberikan strategi yang tepat sehingga perusahaan dapat bertahan dalam persaingan serta berkembang. Analisis terakhir yang akan digunakan peneliti adalah matriks SWOT, Internal Eksternal (IE) Matriks, dan QSPM. Analisis Matriks SWOT dapat memberikan gambaran mengenai kemungkinan strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. IE Matriks merupakan perhitungan yang digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan. Sedangkan QSPM untuk mengetahui strategi yang tepat diantara strategi alternatif. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT dan hasil IE matriks, Authentic Bird Nest saat ini berada pada kuadran II yang berarti perusahaan masih dapat tumbuh dan berkembang dalam melakukan usahanya. Menurut hasil QSPM, strategi yang paling tepat untuk diterapkan pada Authentic Bird Nest adalah strategi penetrasi pasar. Strategi ini dianggap paling tepat karena adanya kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal perusahaan. Untuk melakukan strategi penetrasi pasar, Authentic Bird Nest dapat melakukan beberapa cara seperti melakukan kerjasama dengan restoran di Jambi, memasarkan produk secara online, membuat website dan akun media sosial sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject bisnis sarang burung walet en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Internal Eksternal matriks en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Analisis strategi penetrasi pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Sarang Burung Walet Authentic Bird Nest di Jambi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320176
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account