dc.contributor.advisor |
Gunawan, Theresia |
|
dc.contributor.author |
Widjaya, Florence Tantri |
|
dc.date.accessioned |
2019-11-26T05:37:16Z |
|
dc.date.available |
2019-11-26T05:37:16Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.other |
skp38485 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/9662 |
|
dc.description |
8855 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Dewasa ini jumlah permintaan sarang burung walet Indonesia semakin
meningkat, hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengusaha sarang
burung walet di Jambi. Banyaknya konsumen yang membutuhkan sarang burung
walet juga meningkatkan permintaan sarang burung walet. Adanya hubungan dan
kerjasama Indonesia China dalam ekspor sarang burung walet menjadi salah satu
penyebab meningkatnya persaing dalam bisnis ini. Hal ini menuntut pengusaha
untuk merencanakan dan melakukan strategi sehingga dapat mempertahankan dan
meningkatkan posisi bersaing perusahaannya. Dalam penelitian ini peneliti
berusaha untuk menyampaikan Analisis Strategi Penetrasi Pasar dan Faktor-
Faktor yang mempengaruhi Bisnis Sarang Burung Walet Authentic Bird Nest di
Jambi. Hal ini dilakukan sehingga dapat mengetahui strategi apa yang dapat
diterapkan perusahaan untuk mempertahankan perusahaannya.
Untuk mengetahui strategi yang sesuai dengan Authentic Bird Nest,
peneliti akan berusaha menganalisis lingkungan eksternal yaitu dengan analisis
PESTEL dan Five Forces serta analisis internal perusahaan. Analisis dilakukan
sehingga peneliti mengetahui dan dapat memberikan strategi yang tepat sehingga
perusahaan dapat bertahan dalam persaingan serta berkembang. Analisis terakhir
yang akan digunakan peneliti adalah matriks SWOT, Internal Eksternal (IE)
Matriks, dan QSPM. Analisis Matriks SWOT dapat memberikan gambaran
mengenai kemungkinan strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. IE
Matriks merupakan perhitungan yang digunakan untuk mengetahui posisi
perusahaan. Sedangkan QSPM untuk mengetahui strategi yang tepat diantara
strategi alternatif.
Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT dan hasil IE matriks, Authentic
Bird Nest saat ini berada pada kuadran II yang berarti perusahaan masih dapat
tumbuh dan berkembang dalam melakukan usahanya. Menurut hasil QSPM,
strategi yang paling tepat untuk diterapkan pada Authentic Bird Nest adalah
strategi penetrasi pasar. Strategi ini dianggap paling tepat karena adanya kekuatan
dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta peluang dan ancaman dari
lingkungan eksternal perusahaan. Untuk melakukan strategi penetrasi pasar,
Authentic Bird Nest dapat melakukan beberapa cara seperti melakukan kerjasama
dengan restoran di Jambi, memasarkan produk secara online, membuat website
dan akun media sosial sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
strategi |
en_US |
dc.subject |
bisnis sarang burung walet |
en_US |
dc.subject |
SWOT |
en_US |
dc.subject |
Internal Eksternal matriks |
en_US |
dc.subject |
QSPM |
en_US |
dc.title |
Analisis strategi penetrasi pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Sarang Burung Walet Authentic Bird Nest di Jambi |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2015320176 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0410087801 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis |
|