Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Ediwan, Yohanes
dc.date.accessioned 2019-11-26T05:07:28Z
dc.date.available 2019-11-26T05:07:28Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38405
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9657
dc.description 8775 - FISIP en_US
dc.description.abstract Peran sebuah bank sebagai bagian dari saluran pelayanan keuangan sangat penting. Tidak hanya membantu dalam proses transaksi, bank juga mendorong pelanggan untuk membeli dengan cara menawarkan produk seperti fasilitas kredit dan cicilan. Keadaan bisnis saat ini telah membuat bank membutuhkan Customer Relationship Management (CRM) yang dibangun dengan baik yang membutuhkan teknologi canggih terutama dalam menjaga dan mengamankan data pelanggan BCA, merupakan salah satu bank swasta pemimpin di Indonesia, yang telah dikenal memiliki CRM yang unggul. Bank ini berupaya untuk membantu pelanggan dalam mengakses produk-produknya dengan menggunakan layanan berbasis manusia dan teknologi. Melalui aplikasi CRM ini diharapkan timbulnya loyalitas dari pelanggan yang berguna untuk mempertahankan nilai hidup perusahaan dalam jangka panjang. Dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang telah menjadi pelanggan PT. Bank Central Asia, Tbk. di Kota Bandung selama minimal 1 tahun, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CRM yang telah dilakukan oleh BCA mempengaruhi loyalitas pelanggan di Bandung. Variabel CRM diukur dengan dimensi orang, proses, teknologi, dan pengetahuan. Sedangkan Loyalitas Nasabah diukur dengan dimensi repurchase, buying between product lines and services, refers to others, immunity against competitor, say positif things, and paymore. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CRM yang diterapkan oleh Bank BCA di Kota Bandung sudah sangat baik. Kemudian, memiliki nilai korelasi yang signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan di mana CRM mempengaruhi sebesar 33.4% pada loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada PT. Bank BCA untuk terus melakukan perawatan (pemeliharaan) terhadap seluruh perangkat teknologi yang dimiliki nya setiap 1 bulan sekali serta membangun fasilitas ruang tunggu untuk dapat dinikmati setiap nasabah yang sedang menunggu antrian ke Customer Service. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject BCA en_US
dc.subject Customer Relationship Management en_US
dc.subject Loyalitas Nasabah en_US
dc.title Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320155
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account