Abstract:
Dokumen ajar tentunya dibutuhkan dalam proses belajar dan mengajar, begitu juga dengan
proses belajar dan mengajar di lingkungan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas
Katolik Parahyangan (FTIS UNPAR). FTIS UNPAR terdiri dari tiga program studi yaitu
Matematika, Fisika, dan Teknik Informatika. Masing-masing program studi tersebut memiliki
banyak mata kuliah dan setiap mata kuliah tersebut membutuhkan dokumen ajar yang jumlahnya
tidak sedikit. Oleh karena itu masing-masing Dosen suatu mata kuliah membutuhkan tempat
menyimpan dokumen ajarnya. Satu mata kuliah dapat diajar oleh satu orang atau lebih Dosen
(tim Dosen). Seringkali tim Dosen suatu mata kuliah memiliki kebutuhan mengakses dokumen
ajar dari semester atau tahun sebelumnya, tetapi hingga saat ini penyimpanan dokumen ajar
masih pada masing-masing Dosen. Saat ini di lingkungan UNPAR terdapat sistem Interactive
Digital learning Environtment Universitas Katolik Parahyangan (IDE UNPAR) dan Institutional
Repository UNPAR. Namun, sistem penyimpanan yang tersedia memiliki fungsi yang berbeda
untuk jenis dokumen yang juga berbeda.
Dalam rangka menangani masalah tersebut, pada skripsi ini dilakukan analisis, perancangan,
implementasi dan pengujian terhadap repository berbasis web yang akan digunakan khusus
untuk mengumpulkan bahan atau dokumen ajar di lingkungan FTIS UNPAR. Repository khusus
untuk dokumen ajar ini diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah yang ada pada sistem
sebelumnya sehingga memungkinkan Dosen di lingkungan FTIS UNPAR untuk menyimpan dan
mengakses dokumen ajar sesuai dengan kebutuhan penyimpanan dan pengaksesan dokumen
ajar di lingkungan FTIS UNPAR. Repository berasal dari bahasa latin yaitu repositorium yang
artinya sebuah bejana atau ruangan dimana benda-benda dapat ditempatkan dan dikumpulkan.
Repository yang menyediakan fungsi untuk menyimpan dan mengatur dokumen yang ada, serta
mencari dan memperoleh dokumen yang dibutuhkan.
Sistem repository dokumen ajar dalam lingkungan FTIS UNPAR yang dibuat telah diuji
secara fungsional (fungsi keseluruhan sistem) dan eksperimental (fungsi search yang diimplementasikan
menggunakan Vector Space Model). Sistem ini juga telah diuji oleh lima belas orang
Dosen di lingkungan FTIS UNPAR. Hasil yang diperoleh dari pengisian kuesioner oleh kelima
belas Dosen di FTIS UNPAR adalah mayoritas responden setuju bahwa proses create, read,
update, dan delete repository sudah berjalan dengan baik. Mayoritas responden juga setuju
bahwa repository dokumen ajar dalam lingkungan FTIS UNPAR bermanfaat dan cukup nyaman
digunakan.