dc.description.abstract |
Pada era globalisasi ini, teknologi terus berkembang secara pesat dan membawa dampak yang
besar dalam dunia bisnis. Teknologi yang semakin berkembang mendorong perusahaanperusahaan
untuk dapat bersaing dengan para pesaing yang ada. Salah satu perusahaan yang
turut bersaing yaitu PT. Esa Medika Mandiri yang merupakan perusahaan distributor yang
berpusat di Tangerang. Sebagai salah satu bidang usaha yang memiliki kegiatan
mendistribusikan peralatan medis ke pihak rumah sakit, persediaan menjadi bagian yang
penting dalam menjalankan kegiatan operasi mereka. Agar hal ini dapat tercapai, perusahaan
memerlukan manajemen yang baik dalam siklus pembelian mereka. Untuk itu, diperlukannya
menerapkan pengendalian internal pada siklus pembelian perusahaan.
Pengendalian internal merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan
untuk mengatur dan mengarahkan aktivitas yang dijalankan di perusahaan tersebut. Siklus
pembelian sendiri terdiri dari empat prosedur yaitu prosedur pemesanan barang, prosedur
penerimaan barang, prosedur persetujuan faktur dari pemasok, dan prosedur pengeluaran kas.
Dengan menerapkan pengendalian internal, manajemen dapat mengetahui efektivitas dari
siklus pembelian yang dijalankan oleh perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode penilitian deskriptif. Metode penelitian
ini membantu mengumpulkan data yang digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik suatu
objek, kejadian, atau situasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber data
primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara serta obeservasi dan data
sekunder diperoleh dari literatur terkait pengendalian internal dan siklus pembelian.
Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu teknik
menganalisis data-data yang dikumpul pada saat penelitian berupa tulisan yang kemudian
diinterprestasikan. Penelitian dilakukan sejak bulan Februari 2019 hingga Juli 2019 pada PT.
Esa Medika Mandiri.
Setelah dilakukan analisis pada PT. Esa Medika Mandiri, pengendalian
internal sudah diterapkan secara memadai namun masih ditemukannya beberapa kelemahan
atas pengendalian perusahaan. Oleh karena itu, diberikannya beberapa saran untuk
menyempurnakan pengendalian internal yang ada di perusahaan. Adapun saran yang
dimaksud adalah perbaikan pada struktur organisasi perusahaan dan pemisahan fungsi,
pemberian dan perbaikan job description, penggunaan dokumen purchase requisition dan
receiving report, prosedur persetujuan faktur yang dilakukan oleh staff accounting, tidak
mengotorisasi formulir kosong, dan pemantauan secara berkala. |
en_US |