Perancangan alat bantu pengenalan dan pembuatan bangun ruang bagi siswa tunanetra di SLBN A Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Damayanti, Kristiana Asih
dc.contributor.author Chance, Brian Eric
dc.date.accessioned 2017-03-06T09:21:08Z
dc.date.available 2017-03-06T09:21:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33469
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/933
dc.description 4432 - FTI en_US
dc.description.abstract Penyandang tunanetra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Tunanetra dapat diklasifikasikan dalam 3 golongan, yaitu totally blind, partially sighted dan low vision. Pada tingkat sekolah dasar, anak tunanetra cenderung tidak memahami konsep yang dasar terutama bentuk benda yang terdapat di lingkungan sekitar sehingga dibutuhkan alat peraga terhadap bentuk dasar untuk membantu proses pemahaman konsep dasar. Oleh karena itu, dilakukan perancangan sebuah alat peraga untuk mengenal dan membuat bentuk bangun ruang. Tahap awal perancangan adalah mengidentifikasikan kebutuhan terhadap 6 guru sekolah dasar dan 4 anak sekolah dasar. Selanjutnya dilakukan perancangan konsep sesuai dengan kebutuhan yang didapatkan dan dihasilkan 1 konsep untuk alat peraga mengenal bentuk bangun ruang dan 4 konsep untuk alat peraga membuat bentuk bangun ruang. Kemudian dilakukan penilaian terhadap 4 konsep untuk alat peraga membuat bentuk bangun ruang dan didapatkan 1 konsep yang terpilih. Lalu pembuatan prototipe berdasarkan konsep terpilih dengan jenis prototipe High-Fidelity. Setelah itu, dilakukan evaluasi terhadap prototipe dengan melakukan pengujian dan penilaian prototipe tersebut kepada 8 anak sekolah dasar. Penilaian menggunakan System Usability Scale, perbandingan jumlah waktu pengujian dengan waktu rata-rata, dan jumlah error yang terjadi selama pengujian. Hasil penelitian ini adalah sebuah alat peraga yang digunakan untuk mengenal dan membuat bentuk bangun ruang berbentuk kubus, balok, limas dan prisma. Hasil evaluasi berdasarkan penilaian SUS oleh 8 responden didapatkan nilai yang lebih besar dari nilai 68 yang menyatakan bahwa rancangan produk tersebut dapat digunakan dalam membantu pembelajaran dalam mengenal serta membuat bentuk bangun ruang bagi anak penyandang tunanetra. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan alat bantu pengenalan dan pembuatan bangun ruang bagi siswa tunanetra di SLBN A Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012610110
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421017701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account