Abstract:
Peningkatan jumlah sepeda motor akan memberikan dampak yang baik bagi
usaha yang berhubungan dengan sepeda motor. Toko X merupakan toko yang menjual
aksesoris serta aftermarket parts untuk sepeda motor yang terletak di Kota Bandung.
Setelah menjalankan bisnis selama lima belas tahun, pemilik Toko X berniat untuk
mengembangkan bisnisnya di bidang safety apparel untuk berkendara dengan sepeda
motor (helm, jaket, sarung tangan, celana, dan sepatu). Oleh karena itu, diperlukan
analisis kelayakan bisnis serta perancangan strategi bisnis untuk pengembangan bisnis
di bidang safety apparel untuk berkendara dengan sepeda motor.
Analisis kelayakan bisnis yang dilakukan meliputi aspek pasar dan pemasaran,
aspek teknis, aspek manajemen dan sumber daya manusia, dan aspek keuangan.
Analisis kelayakan usaha untuk penilaian aspek keuangan menggunakan metode
Payback Period, Net Present Value, dan Internal Rate of Return. Berdasarkan hasil
penelitian, pengembangan bisnis Toko X di bidang safety apparel untuk seluruh aspek
layak untuk dilakukan. Pada aspek finansial saat kondisi pessimistic, didapatkan Payback
Period selama dua tahun sembilan bulan, Net Present Value sebesar Rp306.855.000,
dan Internal Rate of Return sebesar 35,70%. Perancangan strategi bisnis untuk
pengembangan Toko X dibuat dengan menggunakan Business Model Canvas. Pada
Business Model Canvas ditetapkan bahwa value proposition yang ditawarkan untuk
memenuhi kebutuhan customer segment yang dituju adalah toko safety apparel yang
memiliki toko fisik dan toko online dengan harga yang bersaing.