Perumusan strategi bisnis untuk Zuleika Bakery

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Muhammad, Rachma Sabrina
dc.date.accessioned 2017-03-06T07:32:11Z
dc.date.available 2017-03-06T07:32:11Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33430
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/924
dc.description 4393 - FTI en_US
dc.description.abstract Perkembangan industri roti di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Perkembangan industri roti yang paling signifikan ada pada jenis home industry. ZULEIKA bakery merupakan salah satu home industry roti yang bertempat di Komplek YPKP Bumi Asri Padasuka Bandung. Home industry roti sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga menyebabkan ZULEIKA bakery harus memiliki strategi untuk bersaing, Selain itu, selama tiga tahun terakhir dari enam tahun berdirinya, ZULEIKA bakery tidak mengalami kenaikan produksi sama sekali. Padahal ZULEIKA bakery masih memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan produksi lebih. Perusahaan ingin menaikkan penjualan dari roti. Oleh karena itu, perusahaan perlu merencanakan suatu strategi untuk meningkatkan penjualannya tersebut. Perumusan strategi bisnis dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama, yaitu input stage, adalah melakukan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal dan mengevaluasi faktor – faktor tersebut dengan menggunakan IFE matrix dan EFE matrix. Langkah kedua yang dilakukan adalah matching stage. Pada langkah ini ditentukan alternatif – alternatif strategi yang bisa diterapkan oleh ZULEIKA bakery. Tools yang digunakan pada tahap ini ialah SWOT matrix dan IE matrix. Langkah terakhir adalah decision stage, yaitu penentuan strategi terbaik dari alternatif-alternatif strategi yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan tool QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Strategi terbaik yang terpilih dengan menggunakan tool QSPM adalah strategi penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar terpilih karena memiliki total attractiveness score tertinggi dibandingkan alternatif – alternatif strategi lainnya, yaitu sebesar 5,770. Strategi – strategi yang bisa dilakukan pada penetrasi pasar diantaranya adalah menambah salesman untuk memperluas cakupan lokasi, membuat promosi secara berkala, melakukan iklan dan promosi secara online, misalnya melalui Facebook Ads, dan menyediakan jasa pesan antar. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perumusan strategi bisnis untuk Zuleika Bakery en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012610081
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account