Abstract:
Penulis telah melakukan praktik kerja sebagai Supervisor dan Asisten
Administrasi di CV Bintang Kulina Utama. Tempat praktik kerja penulis yaitu di Jl.
Setiabudi No. 45 Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung dari
tanggal 3 September sampai dengan 3 November 2018 dengan waktu kerja rata-rata 8
jam per hari. Praktik kerja yang dilakukan penulis adalah 307 jam selama 46 hari
kerja. Bidang praktik kerja yang dilakukan penulis adalah administrasi perusahaan.
Bagian atau departemen dari pekerjaan penulis yaitu Departemen Operasional dan
perusahaan menempatkan penulis pada posisi Supervisor dan Asisten Administrasi.
Tujuan melakukan praktik kerja ini adalah untuk mengetahui cara penghitungan
persediaan barang, untuk mengetahui controlling dalam operasional restoran, dan
untuk mempelajari mengatur flow keluarnya pesanan konsumen. Diharapkan laporan
praktik kerja ini tidak hanya berguna bagi penulis, tetapi bagi perusahaan dan pihak
lainnya yang berkepentingan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menghitung persedian awal
snacks, cookies, dan soft drinks, mengawasi saat team waiter melakukan general
cleaning, dan mengatur flow keluarnya pesanan konsumen. Permasalahan yang
penulis hadapi adalah karyawan kurang disiplin waktu saat melakukan proses kerja,
sehingga dapat menghambat operasional restoran, pencatatan customer order yang
dilakukan oleh waiter sering terjadi kesalahan menu atau ada kurangnya menu yang
dipesan, pencatatan jumlah persediaan barang jadi masih belum sesuai dengan standar
operasional prosedur (SOP), sehingga kemungkinan terjadi perbedaan jumlah barang
jadi saat melakukan pencatatan, dan kartu persediaan barang disatukan antara snacks,
cookies, dan soft drinks, sehingga pencatatan barang jadi kurang terstruktur dan
kurang rapi.
Berdasarkan kegiatan praktik kerja yang telah dilakukan, penulis sudah
mengetahui bagaimana proses operasional di suatu restoran terutama di Kayu Manis
Resto. Penulis dapat mengetahui bagaimana proses penghitungan persediaan barang
jadi, mengawasi team waiter saat melakukan general cleaning, dan mengatur flow
keluarnya pesanan konsumen. Adapun untuk permasalahan yang ada, penulis
menyarankan perlu diadakan training untuk kedisiplinan dalam melakukan proses
kerja. Ketidakdisiplinan dalam proses kerja tentunya akan menghambat kinerja dan
bisa merugikan pihak lain atau menghambat berjalanannya operasional., waiter
diharuskan untuk lebih memastikan customer order, pencatatan persediaan barang
jadi akan lebih baik jika dilakukan secara komputerisasi agar lebih terkontrol jumlah
keluar masuknya barang, dan akan lebih baik jika Kartu Persediaan Barang
dipisahkan antara snacks, cookies dan soft drinks.