Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di PT. Pro Duta Kencana, di Jl. Pagarsih
No. 61-63, lantai 3, Pasar Ulekan, Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja selama
204 jam selama 26 hari kerja yang telah dilakukan mulai tanggal 18 Februari 2019
sampai dengan 8 April 2019. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang
Administrasi Perusahaan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menangani, menginput dan
mengarsipkan formulir tanda terima pembayaran konsumen di PT. Pro Duta Kencana.
Permasalahan yang penulis hadapi adalah tidak tersedianya komputer untuk tenaga
magang sehingga penulis harus membawa laptop pribadi untuk bekerja di PT. Pro Duta
Kencana. Kemudian sering terlambatnya konsumen melakukan pembayaran yang
berdampak pada keuangan perusahaan.
Berdasarkan kegiatan praktik kerja yang telah dilakukan, penulis mengetahui cara
menerima formulir tanda terima pembayaran dari tim penagih dan formulir per bulan dari
staf administrasi untuk diisi. Formulir pembayaran bulanan yang telah diisi kemudian
diinput ke dalam file monitoring 2019. Formulir tanda terima pembayaran konsumen
diarsipkan ke dalam ordner sesuai tahun dan bulan yang kemudian dimasukkan ke dalam
lemari. Penulis menyarankan untuk menyediakan komputer atau laptop dari PT. Pro Duta
Kencana yang dapat digunakan oleh tenaga magang agar tidak perlu membawa laptop
pribadi atau meminjam komputer pegawai. Sebaiknya perusahaan menindaklanjuti
konsumen yang sering terlambat melakukan pembayaran agar konsumen bisa membayar
tepat waktu. Misalnya dengan memberi denda.