Kegiatan administrasi di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pelangi Kasih Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nuraida, Ida
dc.contributor.author Kriswidiasih, Anna
dc.date.accessioned 2019-10-11T06:59:02Z
dc.date.available 2019-10-11T06:59:02Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other kp1933
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9212
dc.description 670 - PDTM en_US
dc.description.abstract Penulis telah melaksanakan praktik kerja di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pelangi Kasih Jalan Dakota Raya Istana Pasteur Regency CRA-02. Penulis telah melakukan praktik kerja selama 211 jam dan sama dengan kurang lebih 8 jam kerja per hari selama 28 hari kerja dengan waktu kerja yaitu Senin sampai Jumat pada pukul 07.30–16.00 WIB, yang telah dilakukan mulai tanggal 20 Juni 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang administrasi perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menulis buku kas dari struk uang masuk dan struk uang keluar, menyusun struk yang sudah dituliskan ke dalam buku kas dan mengembalikan struk kepada teller sebagai bukti transaksi dan menyiapkan formulir dan berbagai data administrasi anggota dan peminjaman dana di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pelangi Kasih. Dalam pelaksanaan praktik kerja ini penulis menemui beberapa kendala dan masalah yaitu, ruang tunggu yang tidak terlalu besar sehingga bila sedang padat beberapa anggota tidak bisa menunggu dengan nyaman, Sistem Aplikasi Online Simpan Pinjam Koperasi yang kadang-kadang error sehingga terjadai kendala dalam transaksi sehingga struk sebagai bukti transaksi tidak dapat dicetak dan harus menuliskannya secara manual, selain itu fasilitas printer yang error menghambat pekerjaan penulis dan staf lain. Secara keseluruhan penulis telah mengamati dan menyimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan simpan pinjam dan kredit di Tempat Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pelangi Kasih sudah terlaksana dengan baik. Kerjasama, komunikasi dan semangat kerja yang baik membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien sehingga pekerjaan di bagian member service dan administrasi berjalan lancar. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh penulis selama melaksanakan praktik kerja, penulis menyarankan sebaiknya memberikan himbauan berupa tulisan yang ditempel pada tembok di ruangan tunggu dan memberikan kursi tambahan di halaman luar agar penggunaan ruangan diprioritaskan untuk anggota yang akan melakukan transaksi, agar ruangan tidak pengap dan terasa sempit. Selain itu, dilakukan pengecekan secara berkala terkait semua fasilitas yang ada di dalam kantor termasuk sambungan internet dan Sistem Aplikasi Online Koperasi agar dapat menunjang perkerjaan karyawan. Selain itu, dapat dilakukan pengecekan, perbaikan atau penggantian secara berkala terkait fasilitas printer yang ada agar dapat membuat mudahnya melakukan percetakan data guna menunjang pekerjaan semakin efektif dan efisien. Sebaiknya perusahaan menghimbau kepada seluruh karyawan agar selalu merawat dan menggunakan fasilitas yang diberikan dengan baik sehingga dapat dipergunakan dengan lancar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar en_US
dc.title Kegiatan administrasi di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pelangi Kasih Bandung en_US
dc.type Final Reports (Diploma) en_US
dc.identifier.nim/npm 2016910003
dc.identifier.nidn/nidk 0428037301


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account