Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit
Pelangi Kasih Jalan Dakota Raya Istana Pasteur Regency CRA-02. Penulis telah melakukan
praktik kerja selama 211 jam dan sama dengan kurang lebih 8 jam kerja per hari selama 28 hari
kerja dengan waktu kerja yaitu Senin sampai Jumat pada pukul 07.30–16.00 WIB, yang telah
dilakukan mulai tanggal 20 Juni 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018. Adapun bidang yang
dilakukan oleh penulis adalah bidang administrasi perusahaan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menulis buku kas dari struk uang masuk
dan struk uang keluar, menyusun struk yang sudah dituliskan ke dalam buku kas dan
mengembalikan struk kepada teller sebagai bukti transaksi dan menyiapkan formulir dan
berbagai data administrasi anggota dan peminjaman dana di Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
Kopdit Pelangi Kasih. Dalam pelaksanaan praktik kerja ini penulis menemui beberapa kendala
dan masalah yaitu, ruang tunggu yang tidak terlalu besar sehingga bila sedang padat beberapa
anggota tidak bisa menunggu dengan nyaman, Sistem Aplikasi Online Simpan Pinjam Koperasi
yang kadang-kadang error sehingga terjadai kendala dalam transaksi sehingga struk sebagai
bukti transaksi tidak dapat dicetak dan harus menuliskannya secara manual, selain itu fasilitas
printer yang error menghambat pekerjaan penulis dan staf lain.
Secara keseluruhan penulis telah mengamati dan menyimpulkan bahwa pelaksanaan
kegiatan simpan pinjam dan kredit di Tempat Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit
Pelangi Kasih sudah terlaksana dengan baik. Kerjasama, komunikasi dan semangat kerja yang
baik membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien sehingga pekerjaan di bagian member
service dan administrasi berjalan lancar. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh penulis
selama melaksanakan praktik kerja, penulis menyarankan sebaiknya memberikan himbauan
berupa tulisan yang ditempel pada tembok di ruangan tunggu dan memberikan kursi tambahan
di halaman luar agar penggunaan ruangan diprioritaskan untuk anggota yang akan melakukan
transaksi, agar ruangan tidak pengap dan terasa sempit. Selain itu, dilakukan pengecekan secara
berkala terkait semua fasilitas yang ada di dalam kantor termasuk sambungan internet dan
Sistem Aplikasi Online Koperasi agar dapat menunjang perkerjaan karyawan. Selain itu, dapat
dilakukan pengecekan, perbaikan atau penggantian secara berkala terkait fasilitas printer yang
ada agar dapat membuat mudahnya melakukan percetakan data guna menunjang pekerjaan
semakin efektif dan efisien. Sebaiknya perusahaan menghimbau kepada seluruh karyawan agar
selalu merawat dan menggunakan fasilitas yang diberikan dengan baik sehingga dapat
dipergunakan dengan lancar.